Tuesday, 16 June 2015

Jelang lebaran, BI gandeng 29 Bank salurkan uang pecahan nilai kecil di Kepri

Gusti Rizal Eka Putra
Batam,Dinamika Kepri.-Bank Indonesia menggandeng 29 bank yang beroperasi di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) untuk menyalurkan uang kartal baru demi memenuhi kebutuhan warga saat Lebaran dan selanjutnya.

"Jadi sekarang warga yang hendak menukarkan uang kartal tidak lagi harus ke BI, tapi bank umum lainnya yang sudah bekerja sama," kata Kepala Kantor BI Kepri, Gusti Rizal Eka Putra usai menandatangani nota kesepahaman dengan 29 bank umum di Batam, Senin.

Di antara 29 bank yang ikut menandatangani nota kesepahaman dengan BI itu antara lain Bukopin, Mandiri Syariah, CIMB Niaga, UOB Indonesia, BNI Syariah, Mega, BTN Syariah, Panin, Mestika, Muamalat dan BRI syariah.

Bank-bank itu akan mulai membuka pelayanan penukaran uang kartal pada 18 Juni 2015, atau hari pertama Ramadhan. Setelah tiga bulan, BI akan mengevaluasi pelaksanaan dengan masing-masing bank.

Dalam nota kesepahaman itu, BI memberikan ketentuan agar bank-bank itu tetap melayani penukaran uang untuk seluruh masyarakat, tidak terbatas pada nasabahnya saja.

"Pelayanan disebutkan akan melayani seluruh masyarakat, walaupun belum Nasabah," kata Gusti.

Ia mengatakan pelayanan penukaran uang oleh bank merupakan amanat UU tentang Mata Uang yang menyebutkan distribusi uang bukan hanya tugas BI.

Memang, sampai saat ini, BI Kepri belum bisa menggandeng seluruh bank yang beroperasi di wilayah itu, melainkan baru yang berada di Batam dan bank-bank tertentu saja. Namun Gusti optimistis, kerja sama dengan 29 bank itu mampu mengurangi antrean panjang penukaran uang di BI.

Menurut Gusti, alasan beberapa bank yang tidak ikut dalam kerja sama itu, karena tidak terlalu banytak melayani transaksi uang kartal.

"Selama ini di Batam, orang langsung menukarkan uang ke BI, ketika ditanya, ternyata mereka berdomisili tidak hanya dari Batam Kota, melainkan dari daerah lain yang jauh-jauh. Makanya kami berharap dengan kerja sama ini, masyarakat bisa menukarkan uangnya di bank-bank terdekat," kata dia.

Di tempat yang sama, Pimpinan Cabang Bank Bukopin Batam, Iqbal Fauzan mengatakan kerja sama itu merupakan komitmen bank untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. ( LN)


Editor : Agus Budi T