Thursday, 18 June 2015

Isu Buruk Pengaruh BTS Terhadap Kesehatan Manusia, Perlu Di Luruskan

Batam,Dinamika Kepri - Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.

Perkembangan Base Transnformasi dan komunikasi berkembang cepat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan teknologi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Kelancaran telekomunikasi dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung kegiatan perekonomian, meningkatkan lapangan kerja dan untuk mengurangi frekuensi bepergian.tentunya kemudahan teknologi informasi, menjadikan telepon genggam sebagai salah satu kebutuhan primer .

Saat ini,Jumlah pengguna telepon genggam di Indonesia telah mencapai ratusan juta jiwa dan rata-rata pertumbuhannya sebesar 20 persen untuk pertahunnya.

Meningkatnya peran telepon selular dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, membuat operator sistem komunikasi bergerak untuk berlomba-lomba meningkatkan pelayanannya.Salah satunya dengan menambah jumlah Base Transceiver Statiosn (BTS). Saat ini tengah terjadi peningkatan BTS yang tersebar di Kota Batam
Melihat pesatnya pembangunan Menara Base Transceiver Station (BTS) diseluruh indonesia termasuk di kota Batam saat ini,pemerintah baam terus mengkaji dengan mengelurkan Peraturan,baik Perda maupun Perwako.

Sebelumnya menara tower (BTS) telekomunikasi masih dapat didirikan di sembarangan tempat.baik diatas Bangunan maupun berdekatan dengan menara BTS lain.

Namun Saat kini itu tidak berlaku lagi.Pendirian menara Tower model 4 kaki tidak lagi diizinkan beridiri diatas bangunan atau mendirikan menara BTS baru,kecuali yang sudah berdiri sebelum aturan dibuat,BTS tersebut tetap akan beroperasi.

Selain itu,setiap mendirikan BTS yang baru,harus memiliki jarak minimal 500 meter dari menara BTS lain.dimana anjuran itu tertuang pada Peraturan Walikota (Perwako)Batam nomor 25 Tahun 2009,selain itu,pemerintah kota Batam juga telah mengeluarkan Peraturan daerah (Perda) kota Batam nomor 6 tahun 2009 tentang Aturan menara telekomunikasi di kota Batam.

Terlepas dari pesat pembangunan menara BTS saat ni, tentunya telah menjadi pembahasan dibanyak kalangan tentang radiasi yang ditimbulkan,selain itu,Badan Dunia WHO juga menyoroti tentang radiasi yang ditimbulkan oleh menara tower tersebut.

"Berdasar penelitian WHO dan Fakultas Teknik UGM, BTS tidak terdapat radiasi yang membahayakan kesehatan manusia.dimana level batas radiasi yang diperbolehkan menurut standar yang dikeluarkan WHO masing-masing 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk 1.800 MHz. 

Sementara itu, standar yang dikeluarkan IEEE C95.1-1991 malah lebih tinggi lagi, yakni 6 watt/m2 untuk frekuensi 900 MHz dan 12 watt/m2 untuk perangkat berfrekuensi 1.800 MHz.“Umumnya, radiasi yang dihasilkan perangkat-perangkat yang digunakan operator seluler tidak saja di Indonesia, tapi juga seluruh dunia, masih jauh di bawah ambang batas standar sehingga relatif aman..

Sejauh ini protes dan kekhawatir masyarakat terhadap dampak radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat telekomunikasi seluler lebih banyak datang dari mereka yang tinggal di sekitar tower BTS (base transceiver station).

Sejauh ini belum ada satu pun keluhan atau kekhawatiran akan dampak radiasi itu yang datang dari para pengguna telefon seluler.

Selain itu,Sefety Pada Tower,juga dilengkapi dengan grounding langsung ketanah,yang gunanya unutk penangkap petir, dimana kalau terjadi petir maka yang duluan disambar adalah kutub negative yang terdekat dengan awan atau ion positive , dimana pada puncak tower dipasang finial dari tembaga dan dialirkan ketanah dengan kabel BCC, sehingga aliran petir cepat mencapai tanah dan mengamankan daerah sekitarnya dari sambaran petir, karena sifat dari arus listrik adalah mencari jalan tependek mencapai tanah, dan hilang di netralisir oleh bumi.

Selama ini,banyak orang  beranggapan dan berpikir bahwa BTS atau Tower itu bermasalah bagi kesehatan dan tubuh manusia sebenarnya perlu di luruskan,maka dengan adanya pembangunan BTS disekitar anda,tentunya telah membantu komunikasi anda semakin lancar.

Editor : Agus Budi T