Tuesday, 23 June 2015

Bangkai Gajah Jantan tampa gading, Kembali ditemukan warga ditengah perkebunan

Bengkalis,Dinamika Kepri - Gajah jantan kembali ditemukan mati tak wajar di hutan Riau. Bangkai gajah tersebut ditemukan tanpa gading,diduga binatang ini di bunuh dengan sengaja ,oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Demikian disampaikan Kepala Wilayah II Balai Besar  Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Supartono, kepada wartawan, Selasa (23/6/2015). Supartono menjelaskan, bangkai gajah ini ditemukan di kawasan hutan tanaman industri PT Arara Abadi di Kecamatan Pinggir Kab Bengkalis.

"Ketepatan gajah ini mati di kawasan hutan tanaman industri perusahaan. Kami mendapatkan laporan ini awalnya dari pihak perusahaan atas kerjasama komunikasi kita selama ini," kata Supartono.

Dari informasi tersebut, tim BBKSDA Riau terjun ke lokasi. Di sana ditemukan bangkai gajah yang kedua gadingnya sudah hilang.

"Bila melihat kondisi bangkai gajah, diperkirakan sudah mati sekitar 7-8 hari yang lalu. Kondisi yang sudah menjadi bangkai ini membuat tim dokter tidak bisa optimal dalam melakukan autopsi," kata Supartono.

Gajah liar ini, kata Supartono, diperkirakan usianya antara 14 sampai 16 tahun. Belum dapat disimpulkan dari kelompok mana gajah ini berasal.

"Untuk penyebab kematiannya kita juga belum bisa memastikan. Namun gajah tersebut dibunuh dengan tangan manusia yang sangat propesional.(LN)


Editor : Agus Budi T