Monday, 15 June 2015

Alasan tidak ada bukti,Bapedalda Batam mengaku tak berdaya tangani limbah PT .Passion Plastics

Tampak Limbah cair bercampur lumpur mengalir diselokan depan perusahaan PT.Passion Plastics pada Tahun15/12/2014  lalu.


Batam,Dinamika Kepri - Sebelumnya Pada Siang  hari  Senin 15/12/2014 lalu,para pekerja drainase di Komplek kawasan Industri Taiwan Kabil itu,telah dikejutkan karena mereka serentak mengalami gatal-gatal pada kakinya,ketika mereka sedang mengerjakan pemasangan Pipa drainase di tempat itu,dimana aliran limbah yang dibuang PT .Passion Plastics itu melewati parit atau selokan yang sedang mereka kerjakan.

Kepada wartawan ini,para pekerja mengeluhkan kaki mereka yang telah mengalami gatal-gatal,pasalnya salah satu perusahaan disekitar itu yaitu PT .Passion Plastics  tengah dengan sengaja membuang limbahnya melalui selokan yang ada depan perusahaannya.

Kata pekerja menduga kalau Limbahnya itu katanya sengaja dibuang oleh perusahaan karena saat itu bertepatan hujan deras.

Namun Setelah beberapa hari usai kejadian itu,pihak bapedalda akhirnya turun untuk memastikannya,namun alhasil,mereka tidak menemukan bukti apapun terkait pembuangan limbah itu.hingga membuat Bapedalda Batam tidak berdaya untuk meneruskannya. 

Sudah 6 bulan berlalu sejak kejadian pembuangan limbah itu,namun sampai saat ini tidak ada tindakan dari pihak manapun,seakan meredupnya masalah itu,diduga telah terjadi aksi kedip mata antara pihak perusahan dengan oknum petugas Bapedalda Kota Batam.

Meredupnya buang limbah sembarangan itu,tentunya membuat awak media ini menjadi penasaran.Senin,(15/6/21015) awak media sengaja menemui Ibu  Melinda dibagian pengaduan di bapedalda kota Batam.

Kepada awak media ini,Melinda membenarkan telah melakukan kroscek keperusahaan yang dimaksud,namun ketika merek turun mengeceknya,pihaknya tidak lagi menemukan Limbah tersebut.

"Kami sudah turun mengeceknya,namun kami tidak menemukan bukti apapun yang bisa menyudutkan perusahan itu.kami juga memastikan bahwa perusahaan itu,telah memiliki surat izin penampungan  Instalasi Pengolahan Air Limbah(Ipal)." Terang Melinda.

Menyikapi Pernyataan Melinda tersebut,Tentunya telah membuka peluang besar bagi setiap perusahan untuk membuang limbahnya dengan  sembarangan,Sebab membuang limbah dengan sembarangan tidak lagi dipermasalahkan,yang penting aksi pembuangan itu tidak meninggalkan jejaknya.


Ketika Awak media ini menanyakan kembali,"apakah limbah PT .Passion Plastics itu mengandung Limbah B3", Melinda menjawab, Ya.

" Ya.tetapi limbahnya itu ditampung di dalam satu wadah  yang disebut dengan Ipal." Ucap Melinda mengakhiri.



Editor :Agus Budi T