Thursday, 21 May 2015

Warga Kampung Getah Kembali Datangi Dprd Kota Batam

Batam,Dinamika Kepri – Puluhan Masyarakat Kampung Getah RT 06 RW 08 bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pengurus Cabang Batam kembali mendatangi kantor Dprd Kota Batam,kamis (21/5),mereka  itu datang berdemo untuk menuntut janji angin segar yang sebelum telah di janjikan oleh Ketua II Dprd kota Batam yaitu Imam Setiawan  kepada mereka sebelum,sebagaimana diucapkan orator demo.

Dalam aksi demonstrasinya , warga Rumah Liar (Ruli) Kampung Getah, Dam duriangkang, Sei Beduk  tersebut juga membawa spanduk bertuliskan,” Pemko Batam harus bertanggung jawab,kami siap digusur asal kami mendapat hak yang sesuai dan Dprd jangan bicara kosong ”.

Bahkan mereka berjanjii akan membakar rumahnya sendiri dan akan tinggal di gedung BP Batam untuk menunjukkan kekesalan mereka terhadap kebijakan BP Batam yang menurut mereka asal main gusur demi kepentingan Oknum Pengusaha yang bermain di dalamnya.

Mereka juga menolak kalau keberadaan mereka di tuding telah mencemari Dam Duriangkang,sebab menurut orator dalam orasinya ,kalau jarak kampung Getah ke Dam Duriangkan berjarak sekitar 400 meter.
 
“ Bisa di cek  Pak,kami tidak mencemari Dam,Tidak mungkin kami mencemari, jarak kampung Getah ke Dam Duriangkan berjarak sekitar 400 meter ,bisa di cek pak.” Ucap orator di tengah demo.

Mereka juga menyalahkan pihak BP Batam yang sebelumnya telah memberikan surat peringatan(SP) penggusuran ke tiga,padahal SP 1 dan 2 tidak pernah ada.

Dalam pengawalan polisi,demo berjalan tertib,tidak berselang lama ,akhirnya pihak dari Anggota Dprd komisi I mempersilakan beberapa orang sebagai perwakilan dari warga kampung Getah dan Mahasiswa untuk melakukan pertemuan.

Dalam Aksi tersebut,mereka memaparkan 4 pernyataan sikap,yaitu,

1.Meminta BP Batam melakukan Sosialisasi sebelum penggusuran.
2.Surat pemberitahuan/peringatan penggusuran pertama,kedua dan ketiga di edarkan/diberikan tidak bertahap-tahap,maka kami menilai itu ilegal.
3.meminta Dispensasi penundaan penggusuran.
4.Perhatikan hak-hak Warga

Kampung Getah berada di dalam areal Waduk Duriangkang. Kampung getah itu berada dari Jalan Raya Hang Lekir di seberang Halte Legenda Malaka sebelah kanan bila kita menuju ke arah Punggur.


Editor : Agus Budi T