Thursday, 28 May 2015

Dua pelaku pembuat Ijasah palsu di Batam ditangkap Polisi


Batam,Dinamika Kepri - Kamis (28/5),jajaran dari Polresta Barelang berhasil menangkap dua pelaku pemalsu Ijazah di kota Batam.

Pemalsu ijazah yang beranisial BI dan IR adalah warga Tiban dan Batam Center,mereka berdua berhasil dibekuk bersama ratusan lembar ijazah palsu mulai dari tingkat SLTA hingga perguruan tinggi. Ijazah palsu sudah siap pakai itu katanya akan dijual dari Rp1 Juta hingga Rp5 juta rupiah.

Menurut Kapolresta Barelang Kombes Pol Asep Safrudin,kalau Penangkapan dua pelaku pemalsu ijazah itu bermula dari penyelidikan Polresta Barelang melalui jaringan cyber crime.

“Dari situ kami lakukan pengembangan dan mulai melakukan penangkapan terhadap dua pelaku ini di tempat dan waktu yang berbeda,” Ucap Kapolresta Barelang Kombes Pol Asep Safrudin.

Kata Asep lagi, kalau kedua pelaku itu dijelaskannya  bukan satu jaringan yang sama, selain itu mereka berdua melakukan aksi pemalsuan ijazah itu atas inisiatif dan sendiri-sendiri.

Kronlogis awal mulanya,sebelumnya polisi telah membekuk IR di wilayah Tiban, dari tangan IR polisi menyita satu unit komputer berjenis PC  yang dilengkapi alat printer,beserta hologram kementrian pendidikan dan kebudayaan yang palsu,bahkan terdapat sejumlah stempel dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia .

Setelah menangkap pelaku IR dari Tiban, polisi kembali melakukan penyelidikan dan segera menangkap BI. Dari tangan Bi polisi menyita barang bukti yang hampir sama dengan dari tangan IR, namun yang lebih ekstreem kalau BI menyediakan ijazah perguruan tinggi.

Dalam penangkapan kedua pelaku itu ,Polisi berhasil mendapatkan barang bukti sekitar 200 lembar ijazah palsu dan 40 diantaranya sudah jadi lengkap dengan nama pemesannya,selain itu puluhan lembar hologram ijazah dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, alat stempel dan ! perangkat komputer (PC) serta 1 unit Laptop juga di sita Polisi.



Editor : Agus Budi T