Saturday, 18 April 2015

Jawaban Soal PNBP, Imigrasi Batam Lempar Ke Pusat

Batam,Dinamika Kepri - Kantor Imigrasi Batam, instansi Pelayanan Publik pengurusan Paspor ke Luar Negeri sampai saat ini belum bisa memberikan keterangan sehubungan Dana Adminitrasi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Penerbitan Paspor yang batal di proses atau di tolak pihak Imigrasi.

Kepala Bagian Koimfo Imigrasi Batam I Dewa Kepala Bagian Publik Pembuatan Paspor Sugeng Fendi, SH ketika itu di damping Imam Kasih Pelayanan Publik kepada wartawan mengatakan pembayaran administrasi pembuatan paspor itu dibayarkan ke kas Negara melalui Bank BNI.


“Dana Adminitrasi Pembuatan Paspor masuk langsung ke Kas Negara melalui Bank BNI, kami tidak mempunyai arsif dan tembusan, dana yang sudah masuk tidak dapat di tarik kembali.” ungkapnya.


Namun ia tidak menjelaskan tentang kerjasama itu, “Masalah kerjasama itu silakan aja tanyakan ke Kantor Pusat” kata Sugeng pula kepada Berita Investigasi Nasional saat diminta konfirmasi belum lama ini diruang kerjanya.

Terkait pembuatan Paspor secara sistim Online banyak masyarakat mengalami gagal proses, sementara itu uang yang telah dikirim melalui Bank BNI tidak dapat di kembalikan.

Padahal dalam petunjuk Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia RI disebutkan bahwa proses pembuatan paspor secara online yaitu,Proses Permohonan harap melakukan pembayaran di Bank BNI,dimana setelah melakukan pembayaran,dan pemohon harus mengikuti prosedur atau url komfirmasi yang sudah di kirimkan ke email.


Dimana pada Halaman Komfirmasi, pemohon harus memilih jadwal kedatangan ke kantor imigrasi yang sudah di pilih dan memasukan nomor jurnal Bank yang tertera pada Tanda Bukti pembayaran Imigrasi yang di keluarkan oleh pihak Bank.

Selanjutnya, Jika dalam 5 hari kerja seluruh proses pada angka 1 tidak dilakukan, maka permohonan akan otomatis dihapus dari sistim dan pembayaran tidak bisa dikembalikan (no refund), silakan mengajukan permohonan ulang dan melakukan pembayaran kembali dan pemohon diwajibkan membawa persyarakat dokumen ASli dan Fotocopy, serta Tanda Terima Para Pemohon yang didapat setelah melakukan pembayaran dan memilih tanggal kedatangan. Meski sumber lain menyebutkan, bahwa pihak imigrasi mendapat Dana BU 200 ribu/berkas. 

 (Arianto),Via : binpers.com