Tuesday, 14 April 2015

Di Batam,Ruli Juga Marak Diatas Ruko

Batam,Dinamika Kepri - Keberadaan Rumah Liar(Ruli) ternyata bukan hanya marak diatas lahan-lahan kosong saja,Ruli juga dapat ditemukan diatas bangunan parmanen seperti  bangunan ruko-ruko(Rumah Toko) seperti yang ada di bilangan Nagoya Batam yaitu disekitaran ruko-ruko di Hotel City Vew .

Pantauan awak media ini pada (13/4),Bangunan ruko ditempat itu standartnya berlantai tiga,namun setelah menaiki anak tangga,ternyata diatas ruko terlihat ada penambahan fisik bangunan semi parmanen berdindingkan triplek beratapkan seng yang disulap menjadi tempat kos-kosan.diduga penambahan fisik bangunan itu telah menyalahi IMB bangunan tersebut.

Menanggapi hal itu.awak media ini mencoba menghubungi  Dwi Djoko Wiwono selaku Humas di Bp Batam,katanya dilema itu adalah wewenang dari dinas tata kota untuk menindaknya,namun menurutnya itu adalah tindakan yang salah.

"Itu tidak bisa,kalau itu terjadi, berarti pemilik bangunan telah melangkahi aturan dari ketentuan IMB nya dan hal itu perlu ditindak.namun itu bukan dari wewenang BP Batam melainkan hak Dinas Tata Kota. " Ucap Dwi Djoko singkat via celularnya.

Untuk mendapatkan berita yang berimbang,awak media ini juga telah berusaha menghubungi kepala Dinas Tata Kota Batam yaitu Gentayono.Namun hingga berita ini diunggah hanphone Celularnya tak kunjung aktif.

Mengetahui marak bangunan liar diatas bangunan Parmanen saat ini ,Kasatpol PP Kota Batam Hendri.S.Sos juga mengaku prihatin,namun menurutnya ia tidak bisa berbuat apa-apa sebelum ada perintah.

" Kalau ada perintah  kita (Satpol-pp=red) akan dieksekusi atau ditertibkan,karena tugas kita  untuk menertibkan  ".Tegas Hendri via celularnya.

Maraknya ruli di Batam tentunya tidak luput dari penambahan penduduk secara signifikan,dimana Batam adalah kota transit,melihat itu  banyak pemilik bangunan ruko-ruko di Batam menyulap tempatnya menjadi tempat kos-kosan.dilirik banyaknya permintaan untuk kamar kos, pemilik bangunan ruko serasa tidak sungkan untuk mengangkangi izin IMB bangunannya dimana telah dengan sengaja mendirikan bangunan lagi diatas rukonya.

Maraknya ruli diatas bangunan ruko saat ini,diduga ada kedip mata antara Oknum Dinas Tata Kota dengan para pemilik bangunan,sebab sudah bertahun-tahun keberadaanya namun belum ada tindakan yang nyata untuk penertibannya.padahal keberadaan ruli diatas bangunan sudah mengganggu tata ruang dan telah membuat kumuhnya wajah kota.

 Editor : Agus Budi T