Sunday, 8 March 2015

Pelabuhan Domistic Sekupang Marak Penyeludupan Miras

Tampak kardus mencurigakan diatas ponton pelabuhan Domistic,beginilah pemandangan sehari-hari di pelabuhan penumpang Domistic Sekupang..

Batam,Dinamika Kepri -Sepertinya para petugas yang bekerja di Pelabuhan penumpang Domistic Sekupang telah tutup mata untuk melihat praktek penyeludupan berbagai  miras keluar daerah.pasalnya para penyeludup itu bisa leluasa mengangkut barang-barangnya tampa ada larangan dari pihak manapun.

Pantuan awak media ini dilapangan (7/3) ,seperti sudah kebiasaan kalau mereka para pelaku penyeludup miras itu,bermain ketika jam sudah menunjukan pukul 11 siang.para pemainnya akan lalu lalang membawa barangnya dengan gerobak sorongnya masing-masing,walau melewati beberapa penjagaan petugas,sepertinya tidak ada hambatan hingga barang itu masuk hingga ke kapal,menurut informasi,biasanya miras tersebut dikirim melalui kapal tujuan Dumai atau daerah yang bukan termasuk masuk Free trade zone(FTZ)
Ketika awak media ini menyakan salah satu petugas di tempat itu,petugas itu bukannya menjawab dengan baik,petugas yang berpakaian seragam Dir-Pam tersebut malah ngomel-ngomel,katanya,banyak kali pertanyaanmu.

"Cek saja sendiri,banyak kali pertanyaanmu." Katanya singkat dengan wajah seperti ada yang disembunyikan.

Biasanya ketika jam penyeludup akan mulai beraksi,Kantor bea cukai (BC) yang ada di pelabuhan itu,akan menutup pintu kantornya,kesannya agar mereka tidak mau tahu dengan apa yang sedang terjadi di pelabuhan tersebut.

Selain dari Pintu keberangkatan,barang miras tersebut juga dilangsir dari pintu kedatangan tujuannya agar semua orang tidak mengetahuinya.

Diketahui,ternyata permainan tersebut sudah lama berlangsung di pelabuhan tersebut,namun tidak ada penindakan yang tegas dari penegak hukum hingga saat ini,kenapa itu dapat tetap terjadi,ada dugaan kalau petugas disana sudah terima upeti dari para pemainnya.


Editor :Agus Budi T