Friday, 6 March 2015

Hati-hati ! Karyawan FB Bisa Intip Akun Anda

Dinamika Kepri - Perlu diketahui, ternyata karyawan FB bisa intip akun Anda! Demikian pengakuan Paavo Siljamäki, yang menuturkan pengalamannya. Facebook sendiri mengakui bila sejumlah pegawai mereka memang diizinkan untuk melihat “dalaman” akun pengguna jejaring sosial itu. Perlukah kita khawatir?

Saat bertandang ke kantor FB di Los Angeles, Amerika Serikat, Paavo Siljamäki sempat berbincang dengan satu karyawan Facebook yang berposisi sebagai teknisi. Dalam perbincangan itu, karyawan tersebut meminta izin untuk melihat profil miliknya.
“Mengapa tidak,” ucap Paavo Siljamäki.
Namun, apa yang terjadi kemudian cukup mengejutkan. Permintaan “melihat” dalam bayangan Paavo Siljamäki hanya sekadar “melihat” saja. Namun, teknisi itu bisa masuk atau membuka akunnya tanpa membutuhkan password. Apa yang terjadi sebenarnya?

Dalam satu postingan, Paavo Siljamäki menjelaskan jika sebagian dari karyawan FB memang diizinkan untuk membuka akun pengguna serta mengakses segala konten yang bersifat pribadi. Laman Venture Beat kemudian mencoba mengkonfirmasi Facebook untuk memastikan kebenarannya. Alhasil?
“Akses berjenjang dibatasi berdasarkan fungsi kerja karyawan, dan karyawan yang ditunjuk dapat mengakses informasi yang diperlukan sesuai tanggungjawab pekerjaannya. Seperti tim laporan bug dan dukungan akun,” jawaban Facebook.
Tentu saja ini cukup buat user cemas sebab bisa dikatakan akun mereka bisa diintip meski terbatas bagi yang memiliki akses itu. Facebook mengaku tetap menjunjung tinggi hak privasi para penggunanya dan bakal berikan sanksi tegas bagi siapa saja (teknisi) yang menyalahgunakan wewenangnya.

Via : sidomi.com