Saturday, 21 March 2015

Dia Adalah Cinta Pertamaku,Namun Ia Telah Berpaling Hati ke Hati Yang Lain


Batam,Dinamika Kepri - Surat dari pembaca,kepada pembaca yang budiman,terlebih dahulu saya memohon maaf atas waktunya karena telah berkenan membaca histori pengalaman cinta pertamaku ini.

Disini saya akan menceritakan kisah cintaku  kepada semua anda para pembaca yang budiman.dimana kisahku ini sangat memilukan hatiku kala itu.mungkin karena aku keluarga dari orang miskin atau orang yang tidak punya hingga membuat cinta pertamaku tega berpaling ini  hati kepada pria lain yang mungkin lebih mapan dariku.

Kenalkan namaku Smail (26),aku pria berdarah batak kelahiran dari Sumatera Utara pada 26 tahun lalu,aku mengenal cinta sejak beranjak kelas II SMK,aku dan dia belajar  sama di SMK KHD.

Sejak  menduduki kelas I SMK dahulu,aku dan dia sebut saja namanya anisial (NR) yang saat ini telah berumur 26 tahun,bersamanya aku begitu nyaman,pertama kali berkenalan denganya perasaanku biasa-biasa saja,namun sejak beranjak ke kelas II,perasaanku semakin merasakan kalau ia berarti bagiku, aku lihat dia juga merasakan hal yang sama.Ia juga banyak membantuku dalam finansial dalam adimistrasi sekolah.

Ia juga sangat pengertian kepadaku,ia membuktikan itu,3 tahun kami duduk sebangku banyak cerita dan kisah yang telah kami lalui bersama.

Kepada orang lain dia mungkin terkesan sombong ,namun kepadaku ia tidak begitu,ia selalu ramah dan begitu menghargaiku.

NR ini adalah wanita yang berperawakan sederhana,kulitnya hitam manis mirip seperti gadis India,mungkin itulah yang membuat aku jatuh hati padanya.

3 Tahun kami selalu bersama,bahkan kebersamaan kami tersebut sudah tersebar diseluruh sekolah,walau setiap kenaikan kelas pasangan sebangku selalu diacak,namun tidak tahu kenapa dia selalu yang menjadi teman sebangkuku,bahkan para guru-guru pengajar disekolahku mengatakan kalau kami adalah pasangan serasi.

Pernah sekali kami berdua berselisih faham,akibatnya selama seminggu lebih kami yang sebangku tidak saling menyapa,kabar itu terdengan guru,akhirnya guru tersebut mengatakan agar kami baikan saja,"Suami istri jangan bertengkarlah." ucap guru pada kami kala itu,mendengar itu kami hanya bisa tersipu malu dan kembali akur.

Namun apa yang terjadi,setelah lulus sekolah,aku pernah menyambangi NR kerumahnya,tetapi apa yang kudapat,jawaban NR sangat menyayat hatiku,katanya aku tak pantas untuk menjadi pemdampingnya dengan alasan karena aku adalah anak yang tak punya.

Mendengar Ucapan NR,aku sedih dan menangis senduh,bukan itu saja di halaman depan rumahnya aku sempat berteriak histeris.namun aku tidak dapat berbuat banyak dari penolakan NR tersebut.

Seiring berjalangnya waktu,aku juga tidak mau larut dalam kesedihanku,aku yang begitu mencintainya ia akhiri dengan alasan yang tidak masuk akal bagiku,tetapi aku tidak berpikir kalau ia mengatakan itu atas kehendaknya sendiri,cukup lama aku mengenalnya aku tahu sikapnya,namun aku tak dapat menampiknya memang itulah realita faktaku yang sebenarnya.aku memang anak orang susah yang tidak dapat ia andalkan.

Setelah itu,aku memutuskan untuk merantau ke Bangka Belitung(Pangkal Pinang),selama 4 tahun aku disana aku berusaha untuk menjadi orang yang ingin sukses,setidaknya aku ingin membuktikan kalau aku mampu seperti yang ia harapkan,namun aku terlena dengan keadaan,bahkan aku tidak pernah lagi memberi khabar kepadanya,memang aku sengaja,aku hanya ingin memberikan suprise kepada dirinya,mungkin karena aku tak ada khabar, akhirnya dia memutuskan untuk menikah kepada pria lain.itulah alasan yang kudengar darinya.

Mendengar kabar pernikahannya,hatiku hancur berantakan,semua hasil kerjaku sebagai saudagar Timah kala itu habis begitu saja ku foya-foyakan ,aku putus harapan,gairah hidupku nyaris hilang,hidupku jadi tidak menentu karenanya.

Dalam hatiku selalu bertanya," Untuk apa semua ini kalau dia tidak jadi miliku ",Pikirku saat itu.hidupku terasa hampa, namun aku tidak mau terlalu lama hanyut dalam kesedihanku,aku berusaha bangkit dari keterpurukan itu,setelah 4 tahun di Bangka Belitung, aku melangkahkan kakiku kepulau Batam.

Walau masih ada bayang-bayang wajahnya,aku berusaha untuk melupakannya,mencoba menghadapi hidup dengan tegar,kini aku hidupku seperti tampa tujuan,bahkan aku tidak percaya lagi dengan kata-kata cinta  dari seorang wanita manapun.aku hanya menginginkan cintanya namun dalam logikaku pastilah itu mungkin.

Di Batam,kini aku mencoba menjalani hidup  apa adanya,rinduku terasa berat kepadanya namun aku tidak berdaya,berdosa jika aku menemuinya bagaimanapun dia telah menjadi milik orang lain.harapku saat ini hanya bisa berdoa tentunya semoga ia bahagia selalu dengan pilihannya,kebahagiannya adalah kebahagianku juga.mungkin hanya itulah yang dapat kulakukan untuk kebahagian dirinya.

Kini aku menjadi pria jomblo yang sudah berumur 26 tahun,aku tidak tahu mengapa aku tidak kepikiran untuk mencari penggantinya.bahkan banyak sahabat-sahabatku yang terus mengingatkan aku untuk segera mencari pendamping hidup.namun aku tidak pernah meresponnya,aku tidak tahu,mungkin rasaku telah hilang dibawa kekasih hatiku itu.

Batam adalah Kota 1001 wanita,Namun satupun dari mereka tidak ada yang dapat menggantikannya di hatiku,aku tidak tahu kenapa aku begitu mencintainya,padahal aku tahu ia telah bahagia.

Walau aku Pria jomblo,aku selalu berusaha mencapai kesuksesan,di Batam aku banyak melakukan hal,aku yang begitu kritis pada sesuatu hal,aku memilih pekerjaan di bidang Jurnalistik,aku memilih menjadi seorang penulis(Wartawan=red),sekian lama bergabung dengan dunia Jurnalist,kini aku menjadi pimpinan Redaksi di perusahaan media  yang kuberi nama www.dinamikakepri.com 

Di tengah aku begini,banyak wanita yang ingin mendekatiku,namun aku tidak begitu meresponnya,rasa untuk mencintai telah hilang,bagaimana aku dapat mencintai yang lain,sedangkan cintaku yang begitu kuat telah di bawanya pergi." Cinta pertamaku telah berpaling hati ke hati yang lain",Mungkin itulah yang membuat aku sampai saat ini tidak ingin mencari penggantinya.

Tetapi aku sering bertanya dalam hati ketika hening malam menerpaku, " Apa yang harus kuperbuat?,Ya Tuhan ajari aku untuk melupakannya,bagaimana bisa aku terus mengingatnya sedangkan dia tidak pernah mengingatku,Ya Tuhan berilah aku petujukmu,berdosakah aku bila mencari penggantinya?".Kata-kata itu selalu terlintas dalam benakku.

Apalah arti semua ini kalau Ia tidak bersamaku,"Sayang bahagialah dirimu dengan pilihanmu,aku juga tidak pernah menyalahkanmu,Hidup dan jodoh adalah kehendak Tuhan yang Maha Kuasa,kita hanya bisa berandai-andai,namun hanya Tuhanlah yang dapat memutuskan,Maafkan aku sayang,walau dirimu telah berdua bersama yang lain,aku tak mengapa,doakan aku agar dapat mencari penggantimu,bagaimanapun kita mungkin lagi untuk bersatu seperti dahulu.candamu,senyummu,perhatianmu,dan cinta yang kurasakan darimu biarlah menjadi kenangan terindah di dalam kehidupanku,I love You Forever."

Cinta pertama memang selalu menjadi memori terindah dari sebuah jalinan indah dengan sang pujaan hati. Indahnya cinta pertama memang kadang tak pernah bisa digambarkan. Betapa sejuknya hati, betapa damainya jiwa ini. Saat bunga-bunga cinta bersemi indah tumbuh mekar bersama rasa sayang kepadanya.Namun cinta pertama tidak selamanya dapat dijadikan sebagai landasan hingga mencapai kepelaminan.kini aku sadar akan hal itu.cinta pertama hanya sebagai dasar mengenal cinta,namun walau begitu cintanya sulit untuk kulupakan.

 = Cinta Pertama =

Nama itu tak kan pernah kulupa
Saat pertama kali ku mengenal cinta
Kala itu juga ku kenal sosok dirimu
Lalu terjerat dalam ikatan cinta
Saat ku pertama kali jumpa.

Kini memang dirimu tak lagi miliku
Kau bahagia bersama dengannya
Tapi kau cinta pertama
Bayangmu masih terngiang dalam benak ini

Kadang aku merasa rindu.
Dengan jalinan cintaku denganmu
Meski itu hanya masa lalu
Dan selamanya kan berlalu
Tak kan pernah kembali untukku

Ku bahagia saat pertama berjumpa
Terbuai mesra dengan canda tawa
Ucapan manis dari bibirmu
Damaikan hati dan jiwa.

_____________________________________________________________________
Editor : Agus Budi Tambunan.

 
Ya allah maafkanlah aku yg lemah ini, hamba begitu lemah ya allah..
Iman hamba masih begitu lemah..
Tetapi hamba yakin ada hikmah yg ingin Engkau berikan pada hamba…

Aku tak pernah lelah berusaha untuk melupakan nya,
Sekuat hati, sekuat niatku, sebanyak doaku,
Bantu aku ya Rabb..
Merelakannya, mengikhlaskannya..

Entah mengapa prasaan ini begitu sulit untuk aku kendalikan
Perasaan yang sudah 9 tahun bersemayam di hatiku
Tersimpan rapi di hatiku..
Sungguh aku menikamatinya, meski terkadang aku menangis
Terkadang hasrat ingin memilikimu begitu berkecamuk di dalam dada
Tetapi aku begitu takut untuk mengungkapakan perasaan ini..

Bertahun-tahun aku mencarimu,
Selepas lulus SMP aku terus mencarimu, hingga aku tahu kau akan pergi ke Mesir untuk kuliah disana..
Aku menangis, menangis bangga dan juga sedih,
Apa kau tahu??
Kau hampir membuat hubunganku dengan kekasihku berantakan pada waktu itu..

Kini aku telah menemui mu, meski keadaan y begitu berbeda
Sungguh aku sudah begitu bahagia hanya dengan kamu memanggil namaku, tertawa bersamaku,
Meski aku harus menghadapi kenyataan bahwa kau telah bahagia bersama wanita itu..
Air mataku pun menetes ketika tahu jika wanita itu adalah cinta pertamamu
Kau begitu mencintainya dan begitu setia padanya meski kau jauh di negeri orang..
Apa kau tahu??
Siapa cinta pertamaku??
Itu kamu, yaaa kamu cinta pertamaku
Aku mencintaimu jauuhh sebelum kamu seperti saat ini, yang begitu membanggakan..
Aku mencintaimu jaauuhh sebelum banyak wanita yang tergila-gila padamu..

Ya Rabb..
Umat-Mu yang satu itu begitu istimewa bagiku..
Meski dia tak bergelimangan harta
Meski dia tak sekeren pria-pria yang pernah aku jumpai
Tetapi aku jatuh cinta padanya..
Meski bertahun-tahun aku tidak bertemu dengannya
Tetapi bayangan wajahnya masih teringat jelas di memoriku, wajahnya yang mempesona..

Aku mencintaimu bukan karena prestasimu..
Aku mencintaimu karena tunduk dan patuh mu terhadap Tuhanmu
Aku mencintaimu karena budi pekertimu
Aku mencintaimu karena kelembutan hatimu
Aku mencintaimu karena sayangmu terhadap umi dan abah mu
Aku mencintaimu karena pengetahuanmu
Sungguh kamu adalah panutanku, inspirasiku…
Aku begitu bangga karena mencintaimu meski kamu tak pernah tahu apapun tetang perasaanku
Aku hanya berharap kamu selalu ada di dekat ku, meski hanya sebagai teman,
memberiku semangat ketika aku sedang putus asa
menghiburku ketika aku menangis
mengingatku ketika kau mulai menjauh dari tuhan
memberikan jawaban dari semua pertanyaanku..
Meski hanya sebagai teman, tapi mungkin ini yang ditakdirkan padaku..
Meski aku tak diberi kesempatan untuk disisimu sebagai kekasihmu..
Tapi aku bahagia, bahagia karena cinta ini, bahagia karena mencintaimu..
Kenangan indah ku adalah ketika aku mengingat Allah, aku juga mengingat kamu..

Yaaa hidup harus terus berjalan..
Mudah-mudahan ini adalah tulisanku yang terakhir yang membicarakan tentangmu..
Aku ingin mengikhlaskanmu, ajari aku utuk mengikhlaskanmu..
Aku yakin Allah akan memberikan yang lebih baik…
Aku bahagia melihatnya sudah menemukan cintanya..
Semoga kamu bahagia selalu

Aku pun akan membuka cerita baru yang lebih indah..
Terimakasih atas nasihat-nasihatmu..
Kau juga yang mengubah cara berfikirku..
Seandainya aku bisa dapat beasiswa di Al- Azhar Cairo sepertimu..
Aku pasti bahagia sekali
Tapi aku tak sepandai dirimu,
Tak seulet dirimu……
Karenamu lah aku ingin menjadi orang yang bisa menghafal Al-Quran
Kamu selalu memberikan apapun yang aku mau,
Tapi kamu tidak pernah mau membaca al-quran atau menunjukkan kefasihanmu dalam berbahsa arab di hadapanku..
Aku ingin sekali mendengarmu membaca Al-Quran..
Mendengarkan betapa merdunya suaraMu mengumandangkan kalam Allah
Mudah-mudan aku bisa di beri kesempatan untuk bertemu kamu dalam situasi yang baik dan mendengarkan suaranya..

Kini aku belajar menghilangkan perasaan ini..
Mencintai orang lain…
Teruslah tersenyum…

Ya allah..
Sungguh aku ingin semuanya bahagia, terutama dia..
Semoga ia bahagia selalu…
Meski ia tak tahu akan perasaan ini, tapi Engkau tahu ya allah..
Terimakasih atas cinta-Mu ya Allah
Tanpa se-ijin-Mu aku tak akan pernah bisa mencintainya..
Sesunnguhnya Engkaulah yang memiliki segalanya, termasuk perasaan kasih dan cinta..
Engkau bisa dengan mudahnya membuang perasaan cinta ini untuknya tetapi Engkau belum membuangnya dari hati hamba..
Semoga aku bias ikhlas..
Amin ya Rabb.. - See more at: http://okepuisi.blogspot.com/2013/08/puisi-cerita-cinta-pertama.html#sthash.95RsKDXG.dpuf