Friday, 30 January 2015

Wako Batam Berharap Pempus Perhatikan Para Pensiunan PNS

Batam,Dinamika Kepri -Walikota Batam Ahmad Dahlan berharap kepada Pemerintah Pusat menelurkan kebijakan untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), baik mengenai fasilitas, kesehatan dan lainya yang mampu mendorong kesejahteraan abdi negara dihari tuanya dan tidak hanya tunjangan dana pensiun.

“‎Kalau saya mengusulkan, perhatian untuk pensiunan. Pensiun bagi PNS itu menjadi momok. Harusnya ada jaminan pemerintah untuk kesehatan dan sejenisnya. Seperti BPJS-nya atau asuransi kesehatan lain,”kata Dahlan, Jumat (30/1).

Terkait kebijakan penghapusan tunjangan anak, istri dan jabatan bagi PNS aktif sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dan rancangan Peraturan Pemerintah terkait penggajian ia tidak begitu mempermasalahkan.

Dia berkeyakinan PNS lain juga demikian. Alasannya, tunjangan untuk anak dan istri, nilainya kecil. Namun terkait tunjangan jabatan, Dahlan akan menunggu aturannya.

“Dampaknya tidak terlalu besar kalau tunjangan anak dan istri. Tapi kalau tunjangan lain juga dihapus, tak tau. Nanti saya pelajari dulu,” Terang Dahlan.

Sebelum ada surat keputusan yang mereka terima, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Ia mengakui, selama kepemimpinan Jokowi, kebijakan dari pusat, sering terlambat dan banyak belum disampaikan  ke Pemko Batam.

“Banyak kebijakan yang suratnya tidak kita terima. Tidak ada penjelasan. Ada juga yang kebijakan diambil, tapi SK turun lama. Misalnya soal dilarang rapat di hotel. Satu bulan setelah, itu baru turun suratnya. Jadi kita tunggu saja,” Ucap lagi.

Untuk diketahui, asisten deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB, Subowo mengatakan, dalam UU ASN diatur segala macam sektor pendapatan PNS. Jika selama ini PNS mendapatkan honorarium dari kegiatan-kegiatan di luar tugas pokoknya, kedepan tidak menerima honor untuk kegiatan-kegiatan luar kantor.

“Sekarang dirampungkan RPP. Disitu diatur struktur gaji pegawai, seperti gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan,” jelas dia.(Mcb)