Wednesday, 28 January 2015

RT/RW Diminta Bantu Kontrol Sampah

Batam,Dinamika Kepri - Pemerintah Kota Batam akan memberdayakan Ketua RT dan RW untuk mengawasi pelayanan pengangkutan sampah.

“1 Januari 2016 nanti saya akan fungsikan RT RW untuk mengontrol sampah di lingkungannya. Daftar yang angkut sampah, nama, nomor telepon, nomor mobil, akan saya berikan melalui DKP,” kata Wakil Walikota Batam, Rudi saat menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan Kelurahan Tiban Lama, Senin (26/1) malam.
 
Menurut Rudi, dengan dipegangnya data pengangkut sampah, masyarakat melalui RT RW bisa mengontrol secara langsung posisi petugas.
 
“Jadi nanti kalau saat masuk jadwal pengangkutan, tapi petugas tidak datang, RT RW bisa telepon pengangkut sampahnya untuk cek di mana lokasi. Kalau jawabnya tak jelas, hubungi DKP. Kalau DKP jawab tak jelas, hubungi saya,” ujarnya.
 
Karena diakuinya, hal yang kurang dalam pengangkutan sampah ini adalah fungsi pengawasan atau kontrol dari DKP yang kurang. Pihak DKP hanya bertanya kepada petugas apakah sampah sudah diangkut atau belum. Tapi tidak dicek lagi kondisi riil di lapangan.
 
Rudi mengatakan bila hal ini sudah berjalan nanti, maka RT RW akan mendapat insentif tambahan karena bertambahnya pekerjaan. Namun dengan adanya insentif ini diharapkan juga ada rasa tanggungjawab dari RT RW untuk benar-benar mengontrol masalah sampah di lingkungannya.
 
Pada kesempatan Musrenbang ini masyarakat Tiban Kampung di Kelurahan Tiban Lama ini meminta bantuan pengadaan tong sampah dari pemerintah. Masyarakat minta tambahan sekira 300 tong sampah untuk memenuhi kebutuhan daerah yang cukup luas dan padat penduduk tersebut.(mcb)