Wednesday, 21 January 2015

Kasta, derajat,harkat dan Harga diri ternyata adalah Takdir

Dinamika Kepri -Kasta yaitu berasal dari  bahasa Spanyol dan bahasa Portugis, (casta) adalah pembagian masyarakat.

Kasta yang sebenarnya adalah merupakan perkumpulan tukang-tukang atau orang-orang ahli dalam bidang tertentu. di indonesia Pembagian kasta manusia dahulunya berlaku dalam masyarakat agama Hindu.

Agama Hindu  adalah agama tertua di Indonesia,dengan bukti adanya Kerajaan Kutai di Kalimantan dan Kerajaan Majapahit di Jawa.berabat -abat agama itu dianut oleh umatnya dan menciptakan sistem motode sistem kasta untuk membedakan kedudukan atau golongan masyarakat kala itu di zamannya.

Di indonesia sendiri ada beberapa kasta dalam pembagiannya.Kasta Brahmana, orang yang mengabdikan dirinya dalam urusan bidang spiritual seperti sulinggih, pandita dan rohaniawan. Selain itu disandang oleh para pribumi.
  1. Kasta Ksatria, para kepala dan anggota lembaga pemerintahan. Seseorang yang menyandang gelar ini tidak memiliki harta pribadi semua harta milik negara.
  2. Kasta Waisya, orang yang telah memiliki pekerjaan dan harta benda sendiri petani, nelayan, pedagang, dan lain-lain.
  3. Kasta Sudra, pelayan bagi ketiga kasta di atasnya.
Sedangkan di luar sistem kasta tersebut, ada pula istilah:
  1. Kaum Paria, golongan orang rendahan yang tugasnya melayani para Brahmana dan Ksatria.
  2. Kaum Candala, golongan orang yang berasal dari Perkawinan Antar Warna, bangsa asing.
Apakah di zaman ini canggih dan moderen ini Kasta yang dimaksud masih di berlakukan,jawabnya berlaku namun tidak terucap.

Sesuai penelusuran media selama setahun ini,kasta itu memang benar adanya,inilah contoh Kasta yang kita dapatkan pada zaman ini.ternyata benar benar kasta itu tidak dapat diubah oleh siapapun.

Apa profesi anda?,apakah anda seorang pedangang,? kalau anda pedagang ,tentu dikehidupan waktu  keseharian anda akan lebih  banyak bergaul dengan pedagang lainnya, nah kalaupun  anda bergaul dengan profesi yang lain ,tentu tidak akan menyatu apalagi dengan kamus anda karena itu bidang anda, sebab di dalam kamus anda tentunya ada uang ada barang laku terjual tentu ada untungnya.itulah pedagang.

Apakah Anda Seorang Exsucutive,legislative,judicative,atau politikus,tentu apapun anda itu,pasti anda akan lebih memilih bergaul dengan teman seprofesi anda,orang bilang katanya, " ngomongnya lebih nyambung".

Tidak jarang,banyak orang menjadi pasangan suami istri di dalam seprofesi dan lingkungan yang sama.pertanyaannya,kenapa itu bisa terjadi ,jelas orang lebih memilih mempertahankan derajat,harkat dan martabatnya,tidak mungkin juga seorang pengusaha kaya yang terhormat akan menikah dengan wanita malam ,jelas itu tidak akan pernah terjadi,tentu pengusaha tersebut akan mencari pasangan wanitanya yang selevel dengannya.kalaupun terjadi,mereka menganggap itu hanya sebagai musibah saja.

Apakah anda seorang wanita atau pria yang hidup dari dunia malam atau sejenisnya?,kalau ya ,tampa tidak anda sadari..bagaimanapun hidup anda akan habis di dunia malam itu sendiri,di keseharian pergaulan anda tentu lebih banyak bergaul dengan teman seprofesi anda.

Bahkan untuk memilih pasangan hidup anda lebih memilih  dari lingkungan dunia malam itu sendiri tentunya agar kedepan ketika ada pertengkaran tidak ada yang perlu ada dipermasalahkan karena keduanya dari latar beground yang sama,

Itulah Kasta.bahkan keturunan mereka akan melakukan hal sama,sebab ada yang mengatakan,"Buah tidak akan jauh jatuh dari pohonnya".

Wanita malam juga demikian,ia lebih nyaman dan menikah dengan kaumnya seperti gigolo,germo,brondong,bronces atau sejenis seprofesi dengannya,

Namun ketika wanita malam itu trauma dengan pria pilihannya ,wanita malam itu akan memilih hidup seperti lesbian,atau memilih hidup dengan pasangan sejenis.begitu juga dengan laki-lakinya.ketika ia mulai muak dengan wanita pilihannya,Ia juga akan melakukan hal yang sama.

Ada lima kasta yang digolongkan saat itu,golongan kasta-kasta itu tercipta untuk misahkan antara golongan satu dengan golongan yang lain,

Namun istilah Kasta saat ini  memang tidak pernah dipermasalahkan atau dibahas lagi,selain sifat yang membedakan golongan juga terkesan melanggar keagamaan, sebab di mata Tuhan manusia itu sama,yaitu sama-sama ciptaannya, namun walau tidak diberlakukan lagi,sikap dan prilaku Manusia itu sendiri yang  telah membuat dirinya seperti dibedakan.tujuannya agar rahasia diantara mereka satu kasta tidak menyebar ke kasta yang lain.

Kasta atau golongan Manusia,yang mana telah ada sebelum manusia itu dilahirkan, Kasta, derajat,Harkat ,harga diri dan martabatnya sudah ditempatkan yang kuasa kepadanya sebelum ia di lahirkan,bagaimanapun kuatnya seseorang itu untuk mengubah kastanya ,itu tidak akan pernah terjadi karena itu memang sudah garisan tangan hidupnya.

Ketika seseorang itu lari dari kenyataan kastanya, tentu akan banyak menimbulkan masalah,dan dapat merugikan orang lain.kastanya tentu tidak akan menerima hal itu terjadi,bagaimanapun mereka tidak ingin kehilangan atau mengurangi komunitasnya,begitu juga dengan kasta yang hendak dimasukinya,akan menghina dan memakinya,karena dia tidak pantas ada di kasta barunya.

Namun bila di kaji lebih mendalam,sebegitu kejamkah kehidupan ini,mengapa ada kasta atau perbedaan golongan dalam hidup ini,padahal kita sama dihadapanya yaitu sama-sama ciptaannya,tetapi bagaimanapun ,memang tidak dapat di pungkiri,sebab kasta itu dibuat bukan asal dibuat-buat,Kasta itu telah banyak pembuktian di kehidupan manusia pada saat ini,nyata  adanya,kasta itu telah ada sebelum kita dilahirkan di Zaman ini.

Namun walau begitu adanya,kita hanya bisa berserah diri kepada yang kuasa,sebab bagaimanapun tidak ada manusia yang inginhidupnya selalu di bawah,semua ingin lebih baik manaikan harga dirinya dihadapan orang lain.

Ada yang mengatakan," walaupun bintang jatuh ketanah ,dia akan tetap berdiri menancap diatas tanah," artinya,orang terhormat tetaplah terhormat walau terpuruk sekalipun,sebab dia dari kasta yang tertinggi,maka kemanapun ia pergi akan selalu di hargai oleh kasta-kasta lainnya.