Wednesday, 17 December 2014

Tips Bagi Anggota Dewan, Agar Dipilih Masyarakat Ketika Mencalonkan kembali

Dinamika Kepri - Benar atau tidaknya tips yang sudah tersebar di dunia maya ini,ternyata ada benarnya juga,dimana dalam penyampaiannya juga sangat elegan sesuai dengan fakta yang dapat diterima semua kalangan terutama dikalangan masyarakat awam.

Dalam artikel ini, ada beberapa tips yang tentunya bisa dilakukan para anggota dewan maupun siapa saja bagi orang-orang yang sudah menduduki jabatannya dengan hasil dari pemungutan suara,tentunya setiap pejabat itu pesti mengharapkan dan bukan untuk sekali ini saja,namun berharap bisa terpilih kembali dimasa yang akan datang.

Nah.. apa yang harus dilakukan untuk memudahkannya..inilah Tipsnya.

# Anda seorang pejabat yang dipilih masyarakat,tentunya anda akan lebih legowo menerima masukan dari pada memberikan kritikan,bersikaplah ramah, mudah senyum apalagi kepada mereka yaitu masyarakat di basis anda.

# Ketika berada dilingkungan rumah,usahakan selalu berpenampilan sederhana sama seperti penampilan sebelum anda menjabat.kalaupun ada perubahan usahakan berlahan.

# Kontrol seluruh anggota keluarga agar tidak terkesan berlebihan dari pada sebelumnya,bagaimanapun sudut pandang orang yang ada disekitar anda akan menilainya selalu dari sudut pandang sisi kejelekan.sebab kabar yang buruk biasanya  lebih cepat menyebar dari pada kabar yang baik.

# Bersikaplah dengan sosok pemimpin,hindari tindakan melakukan intervensi ataupun intimidasi bagi siapapun,sebab bila terjadi,citra ,marwah dan martabat anda seorang pejabat tentunya pasti akan diragukan untuk kedepannya.

# Ketika ditelepon siapapun ,pastikan anda harus mengangangkatnya ,kalau tidak sempat,usahakan merespon dengan pesan singkat,itupun  kalau masih di jam-jam sewajarnya ,jawablah dengan kata - kata yang cepat dipahami.

# Ketika anda pergi dan pulang melintasi pemukiman penduduk basis anda,usahakan kaca samping Kanan anda mobil anda selalu terbuka walaupun hanya setengah,tujuannya agar kita bisa berkontrasi dengan masyarakat dan tidak terkesan sombong ketika anda melintasi jalanan tersebut, tentu dengan melihat wajah anda, warga yang melihat anda akan terkesima,usahakan sering menyapa siapa saja apalagi para orang-orang tua yang melintasi anda.

#  Hindari menggunakan kata-kata atau bahasa Akademis ketika berkumpul dengan masyarakat,karena tidak semua orang dapat memahaminya.

# Tunjukan Loyalitas anda kepada masyarakat,contohnya kalau ada biaya yang dibutuhkan kurang-kurang sedikit,tidak ada salahnya kalu anda yang menutupinya, maka dengan seperti itu,masyarakat yang melihat  tentu  menilainya ke hal yang lebih positif.

#  Hindari berbicara topik Politik dengan masyarakat anda,bagaimanapun mereka tidak akan memahami dan menilai anda sangat berlebihan,berbicaralah sesuai tupoksi nalar mereka.

# Kalau mampu,usahakan anda memberi bantuan suplay minuman,berupa Aqua gelas beberapa kardus disetiap hajatan yang dilakukan ditengah masyarakat disekitar basis anda,bagaimanapun itu bisa membantu pemilik hajatan dan mengingat bantuan anda untuk selamanya.

# Dimasa jabatan anda  yang masih berjalan,tidak ada salahnya mengunjungi tim pemenang anda,hubungi mereka siapa-siapa yang orang-orang berperan penting dalam mendukung anda ketika pencalegkan dahulu,bertemu satu jam dengan minum secangkir kopi bercengkrama bersama mereka,tentu itu suatu bentuk apresiasi yang tak ternilai yang anda berikan  bagi mereka, tidak ada hal lain yang mereka inginkan,mereka hanya ingin dihargai ketika mengingat  semua perjuangan mereka sewaktu mendudukan anda kala itu,tidak baik kalau tim anda mengatakan diluar sana " Kacang lupa pada kulitnya ".hindari ,anda harus berusaha agar perkataan itu jangan sampai terucap dari bibir mereka,logikanya,memenangkan yang paling sulit, namun mereka sanggup meraihnya untuk anda,apalagi mengalahkan anda,sebaiknya jangan di bayangkan lagi.


Begitulah beberapa tips-tips yang dapat tertuang pada artikel ini,benar atau tidaknya apa yang tertulis diatas,tergantung anda bagaimana menyikapinya. saya sendiri sebagai penulisnya sampai saat ini juga tidak mengerti kenapa harus menulis tips-tips diatas tersebut.

"Prinsipnya kalau sudah duduk jadi pejabat.buat apa melakukan semua itu,sudah punya uang,yang penting uang dah..,urusannya nanti dulu. Pencalegkan tahun depan?,uang sudah ada, buat saja tim baru lagi.hehehe.Cuapek deh.. ". 



Penulis : Agus Budi