Wednesday, 3 December 2014

Ponsel androit Xiaomi Siap Guncang 2015 dengan Mi5, Spek Buas Rp. 3 juta-an Saja

Dinamika Kepri - Berita tentang vendor asal China yang lagi naik daun ini nggak ada habis-habisnya. Xiaomi menggebrak pasar smartphone, membuka mata dunia kalau smartphone canggih itu nggak harus mahal. Nah, untuk tahun depan, mereka dikabarkan telah mempersiapkan Mi5, flagship 2015 penerus Mi4.

Sesuai tradisi, Mi5 akan diberikan spesifikasi yang membuat mata ternganga. Menurut analis Sun Chang Xu, Mi5 akan dibekali prosesor terkuat saat ini, Snapdragon 810 octacore 64-bit, dan layar 5,7 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1440 piksel)!

Yang lebih mencengangkan sih harganya. Dengan spek secanggih itu, Xiaomi akan mempertahankan harga Mi4, yakni sekitar 325 dolar, alias kurang lebih Rp 3,99 juta!

Dari dulu seri Mi memang dijual dengan banderol yang sangat menarik dan berada di sekitaran 300 dolar saja. Bahkan flagship 2 tahun sebelumnya, Xiaomi Mi3 masih relevan saat ini, dengan prosesor Snapdragon 800, RAM 2GB dan layar 5 inci Full HD 1080p. Di Indonesia sih ponsel ini masih bertahan harganya di Rp. 3 jutaan, itu juga bukan barang resmi. Mudah-mudahan Xiaomi segera merilis ponsel-ponsel buas terbarunya di Indonesia ya.

Nggak terasa sebentar lagi tahun 2014 akan segera berakhir. Artinya, ini saatnya bocoran-bocoran untuk ponsel-ponsel keren yang akan muncul di tahun 2015. Nggak harus dari vendor besar lho. Meizu, vendor asal China yang biasanya merilis ponsel Android super canggih dengan desain seperti iPhone, sudah menghembuskan bocoran mengenai ponsel flagship-nya di tahun depan.

Meizu MX5 namanya. Yang menggemparkan adalah rumor kalau ponsel ini akan menggunakan kamera 41 megapiksel. Teringat sesuatu? 41 megapiksel adalah resolusi kamera pada smartphone kamera terbaik saat ini, Nokia Lumia 1020. Akan sangat menarik jika vendor Android menggunakan kamera milik Lumia 1020. Kamera Lumia 1020 memiliki keunikan tersendiri yakni sensor dengan ukuran raksasa jika dibanding kamera pada ponsel keren seperti iPhone 6, Samsung Galaxy S5, LG G3 bahkan Sony Xperia Z3 dan Samsung Galaxy K-Zoom.  

Keunikan lainnya, MX5 dikabarkan akan menggunakan layar kedua di panel belakangnya. Mungkin layar belakang ini akan pakai e-ink seperti pada tablet baca Amazon, jadi fungsinya untuk menampilkan notifikasi dan bikin lebih irit daya tentunya.

Soal spek lainnya, pastinya akan melebihi pendahulunya, MX4 Pro, yang speknya sendiri masih tergolong canggih, sebut aja layar 5,5 inci resolusi QHD, CPU dengan prosesor 8 core, pembaca sidik jari dan kamera 20,7 megapiksel. MX 5 bakalan lebih canggih dari itu tentunya.

Akhir-akhir ini smartphone makin ramping dan tipis bak seorang supermodel. Lomba smartphone tertipis ini terutama terjadi di kalangan vendor asal China. Saat ini gelar smartphone tertipis dipegang oleh Oppo R5, dengan ketebalan hanya 4,85 mm. Namun vendor China lainnya siap menjungkal Oppo R5.

Vivo telah mengkonfirmasi akan mengumumkan X5 Max pada tanggal 10 Desember mendatang. Dengan ketebalan hanya 4,75 mm, cuma beda 0,1 mm dari Oppo R5, tapi tentu sudah cukup untuk menjadikan X5 Max sebagai ponsel paling langsing di dunia.

Apalagi, nggak seperti R5, X5 Max akan memiliki jack headset standar 3,5 mm. X5 Max menjalankan Android 4.4 KitKat, dengan spek yang boleh juga lah:
- Layar 5,5 inci resolusi 1920 x 1080 piksel
- Prosesor octacore MediaTek 1,7GHz, RAM 2GB
- Kamera utama 13 Megapiksel, kamera depan 5 MP
- Konektivitas LTE
- Kualitas suara Hi-Fi

Belum diketahui kapasitas baterai dari X5 Max namun sepertinya nggak bakal jauh beda dengan Oppo R5 yang hanya 2000mAh. Hmmm, memang musti ada pengorbanan untuk sesuatu yang langsing banget. Ibarat kata supermodel harus diet ketat lah. Belum diketahui apakah Vivo akan menjual X5 Max di luar negeri China atau tidak.