Friday, 5 December 2014

Jangan Galau..


Dinamika Kepri - Setiap orang pasti pernah merasakan GALAU, dan kata ini sudah menjadi populer untuk disaat ini, mulai di social network maupun di kehidupan nyata.

Kata Galau ini tidak pandang bulu,semua akan dapat merasakannya, siapa saja,mau pejabat atau rakyat jelata,justru tidak mengenal usia,bisa mulai dari anak-anak sampai nenek juga, semua bisa GALAU,anda mau merasakan sakitnya rasa Galau ?,baiknya jangan,entar kasihan kamunya !.

Banyak hal membuat orang jadi galau. Diputus pacar, bikin galau. Bertengkar dengan pacar tentu jadi galau. Kelamaan menjomblo, juga sering jadi galau. Diomelin orangtua atau atasan, juga bikin galau.wajah kurang tampan,juga bisa buat galau,sendiri di dalam Vip karena sidoi tak kunjung datang,kekasih tak merindu lagi juga dapat bikin galau,miscall,sms tak di respon,juga bisa bikin galau,Ini itu semua bikin galau. Apa-apa bikin galau.Capeh deh..

Lalu Apakah Anda tahu arti GALAU yang sebenarnya...? Atau hanya ikut-ikutan ngomong GALAU tanpa tahu artinya?

Tapi benarkah kata “galau” telah digunakan dengan tepat sesuai peruntukkannya?

Cara terbaik menelisiknya adalah berpaling ke kamus. Di halaman 407 Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008), dikatakan “galau” berarti kacau (tentang pikiran); “bergalau” berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan “kegalauan” berarti sifat (keadaan hal) galau.

Merujuk ke defenisi menurut kamus keadaan galau adalah saat pikiran sedang kacau tak karuan. Orang yang tengah galau pikirannya sedang kacau.

Kacau dalam kamus diartikan (salah satunya, terutama berkaitan dengan pikiran) kusut (kalut) tidak keruan. Contoh kalimatnya: Pikirannya bertambah kacau mendengar berita itu.

Menurut saya, galau bukan kata yang pas untuk menunjukkan sebuah keadaan pikiran yang tengah tidak dalam keadaan baik. Karena kata “kacau” yang terdapat dalam makna “galau” lebih tepat dengan suasana kalang kabut dan kusut.

Mengecek ke Google Translate dan buku Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily, bahasa Inggris galau adalah hubbub dan confusion. Artinya, galau lebih dekat dengan suasana pikiran yang tengah bingung.

Bahasa Indonesia menyediakan kata lain yang lebih tepat, “gundah”. Di KBBI, “gundah” berarti sedih, bimbang, gelisah. Dilengkapi jadi “gundah gulana” berarti keadaan sangat sedih atau sedih dan lesu.

Untuk suasana hati yang sering disebut tengah “galau” rasanya lebih pas bila mengatakannya tengah “gundah.”

Dan perlu diingat,obat galau tidak dijual sasetan atau butiran,obat galau hanya dapat diobati dari sikap dan perlakuan baik dari orang yang di inginkan si penderita galau tersebut.


Diorientasi berbagai sumber