Sunday, 21 December 2014

Ditawari Rp 24 Miliar, Peternak Ini Enggan Jual Bantengnya

Dinamika Kepri - Jika ditanya hewan apa yang memiliki harga fantastis, tentu kita akan berpikir hewan yang memiliki ukuran besar. Tetapi ukuran tidak selalu menentukan harga. Buktinya, ada seekor banteng yang memiliki harga begitu fantastis, yaitu Rp24 miliar.

Namun Banteng bernama yang Bheem Donor dan pemiliknya Karamvir Singh ini enggan di jual sang pemiliknya.

 
Di Indonesia sendiri, hewan paling mahal adalah kerbau yang dijual di Sulawesi, tepatnya di Tana Toraja, yang setiap tahun selalu ada tradisi jual beli, dan harganya mencapai ratusan juta untuk seekornya. Tetapi apa yang membuat banteng ini begitu fantastis harganya?

Seorang peternak asal India, Karamvir Singh, enggan menjual bantengnya seharga Rp24 miliar, hal ini ditolaknya bukan tanpa alasan. Ia bisa menjual sperma/semen kepada peternak lainnya seharga Rp585 juta, setiap bulannya.

Dan banteng yang diberi nama Bheem Donor ini tercatat sebagai hewan paling mahal di dunia. Setiap harinya, banteng ini bisa menghasilkan semen antara 4-5 mililiter, dengan kualitas yang sangat bagus.

Rupanya, Bheem Donor mempunyai saudara, yang mempunyai berat sekitar 1.200 kilogram bernama Yuvi Donor, namun Karamvir belum mau menjualnya dengan alasan apapun, karena banteng-banteng tersebut adalah aset yang sangat berharga. Bahkan ia menganggap bantengnya tersebut bagaikan keluarganya.

Induk Bheem dan Yuvi, bisa memproduksi susu sebanyak 26 liter per harinya, dan ini menjadi rekor di peternakan Murrah di India. Untuk konsumsi pakannya, setiap hari mereka menyediakan pakan seharga Rp400 ribu, untuk setip bantengnya. Sungguh harga yang sangat fantastis untuk seekor banteng.