Tuesday, 11 November 2014

Tahun 2016,Pulau Sambu Menjadi Terminal BBM Terbesar Se-Asia Tenggara


Batam,Dinamika Kepri -Pulau Sambu adalah sebuah pulau yang terletak dekat dengan Pulau Batam di Kepulauan Riau.

Pulau ini, adalah salah satu pulau Terminal  BBM sementara sebelum diedarkan ,Pulau yang dahulunya di naungi oleh PT.SHELL (sekarang berganti nama menjadi PT.PERTAMINA), hanya berbentuk lonjong kedapan, seperti pulau-pulau lainya, namun pulau ini mempunyai penduduk yang cukup banyak penghuni dan mempunyai niai-nilai historis yang sangat tinggi.

Selain itu ,juga pernah menjadi benteng pertahanan dari Belanda saat zaman penjajahan di Zaman dahulu. Pulau Sambu sengaja dibangun sebagai terminal minyak Pertamina pada tanggal 16 Agustus 1897 jauh sebelum Kota Batam berdiri.

Selain sebagai terminal minyak Pertamina, Pulau Sambu juga merupakan Kota Tua yang kini berusia hampir 115 tahun. Kota bekas kecamatan di Kabupaten Kepulauan Riau ini, kini menjadi bagian dari wilayah administrasi Pemerintah Kota Batam. 

Beberapa bangunan tua yang dibangun oleh PT. Pertamina seperti menara selamat datang, wisma, Kantor Pos, gedung bioskop, rumah sakit Pertamina, serta beberapa prasasti telapak tangan para manager operasional Pertamina untuk Pulau Sambu, dan beberapa buah bunker minyak milik Pertamina.

Bahkan Hingga saat ini,Nilai-nilai historisnya masih terlihat,walau terdapat ada beberapa bangunan yang sudah dibongkar,namun menurut Otoritas setempat ,sebagaian ada masih terjaga seperti sedia kala.

Senin 10/11/2014,beberapa media sengaja menyambangi tempat pulau bersejarah itu,untuk melihat perkembangan di sana,terlihat saat ini di pulau itu,tengah berlansung pembangunan super raksasa yang ditangani oleh PT Wika jaya dengan sisa waktu pembangunan tahap awalnya,tinggal 532 hari kerja lagi ,yang mana pembagunan itu katanya untuk merancangan penambahan daya tampung BBM hingga mencapai 1,2 juta kilo liter nantinya,sebagaimana pernyataan itu disampaikan oleh  Sianipar selaku kepala Oprasional Heat di Pulau Sambu Kecamatan Belakang Padang itu.

" Pembangunan ini masa tahap awal,rencananya pembangunan ini ada 3 tahap,kalau menurut pleaningnya pembangunan akan rampung pada tahun 2016 nanti,Pulau Sambu akan menjadi Pusat Terminal BBM terbesar di Asia Tenggara,makanya dengan ada pembangunan ini, aktivitas pertamina disini berhenti total,bahkan pembangunan juga digesa ,agar pertamina di Pulau Sambu ini,bisa beraktivitas normal kembali. " Jelas Sianipar kepada beberapa wartawan.

Selain Pulau Sambu yang sudah terkenal ini,di sekitarnya juga terdapat pulau Kecil yang bernama Pulau Meriam,di pulau meriam Juga terdapat dermaga kecil dan beberapa rumah diatas pelantar.