Saturday, 8 November 2014

Aktivitas Langsir 2000 Ton Limbah Ke TPA Punggur ,PT Aneka Pratama Tidak Lakukan Sesuai SOP


Batam,Dinamika Kepri-Aktivitas yang dilakukan oleh PT Aneka Pratama dalam melakukan pembuangan limbah ke TPA Telaga Punngur itu diduga tidak sesuai standart oprasional prosedur (SOP) yang di berikan oleh  badan pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam.

Dikatakan tidak sesuai SOP ,itu terlihat ketika setiap mobil dump truck yang mengangkut limbah asal Pulau Sambu sebanyak 2000 ton itu ke TPA Punggur,tidak dilengkapi dengan alat penutup.

Mobil pengangkut Limbah sama sekali tidak menggunakan penutup terpal ketika melintasi jalan umum,padahal didalam surat pemberitahuan jelas dituangkan dan dianjurkan,bahwa setiap angkutan yang sedang mengangkut limbah ke TPA Telaga Punggur itu ,hendaknya harus menutupi Limbah yang sedang diangkutnya dengan terpal,namun itu tidak mereka lakukan.

Selain tidak menutup limbah dengan terpal ketika melintasi jalan umum,di TPA petugasnya juga,tidak melakukan penyemprotan terhadap bakteri,sebagaimana yang dianjurkan,terlihat setiap limbah yang di turunkan dari Dump truck lansung di dozer kearah posisi bidang tanah yang lebih rendah,semabri Dozer terus mendorong,para pemulung juga terlihat tampak berebut sesuatu  dari bekas limbah tersebut.

Joko salah satu petugas TPA ketika diconfirmasi tentang tidak adanya penyemprotan bakteri itu,kepada media ini, Joko mengaku sudah melakukannya, padahal pantuan media selama 2 hari terkahir ini tidak ada aktivitas penyemprotan bakteri seperti yang dimaksud,Namun Joko tetap berdalih sudah melakukan penyemprotan tersebut.

"Sudah kita semprotkan Pak,saat ini kita juga lagi sedang melakukan penyemprotan." Ucap Joko memastikan sore tadi 9/11/2014 kepada wartawan ini.