Tuesday, 21 October 2014

Ujian CPNS Batam Diadakan tanggal 27 Oktober Nanti

Batam,Dinamika Kepri - Sesuai dengan surat edaran pemerintahan kota Batam terkait penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Kota Batam,diduga molor,karena diakibatkan adanya perkembangan dan perbaikan dari sistem administrasi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara).

sebagaimana Seperti yang disampaikan Ardiwinata selaku Humas Pemko Batam mengatakan, pelaksanaan penerimaan CPNS tahun ini memang mengalami sedikit kendala, yakni pengunduran waktu tentang administrasi.


" Iya, ada kendala pengunduran waktu, tapi itu tetap akan dilaksanakan secepatnya nanti pada tanggal 27 Oktober, " katanya, Senin (20/10).


Ardi juga mengatakan, proses penerimaan CPNS semuanya tinggal pelaksanaan ujian tes sistem CAT saja yang meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). Untuk bisa mengikuti TKB, peserta harus lulus TKD terlebih dahulu. Peserta harus melewati passing grade untuk semua jenis tes tersebut, sehingga mereka yang tidak lulus pada salah satu jenis tes, tidak akan bisa lulus tes CAT ini secara keseluruhan setelah itu calon pelamar nanti akan melengkapi berkas bagi pelamar yang lolos ujian kompetensi dasar.


" Hanya tinggal waktu yang ditentukan dari pusat saja, kalau tidak ada kendala lagi tanggal 27 Oktober baru akan diselenggarakan, kemarin kita sudah melakukan simulasi sistem CAT di Universitas Putera Batam, bagi CPNS yang lolos akan melakukan ujian Kompetensi dasar dan yang lulus akan melakukan penyiapan berkas, " ujarnya.

Begitu juga disampaikan HM Syahir selaku Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kota Batam menjelaskan kalau mengenai keterlambatan ujian tes bagi CPNS tersebut merupakan kesalahan dari BKN ( Badan Kepegawaian Negara) yang saat ini masih melakukan perkembangan dan perbaikan administrasi.

" Kita terus menunggu hasil dari BKN, karena yang mengawasi ujian sistem CAT tersebut langsung orang BKN, sekarang ini masih perkembangan dan perbaikan administrasi yang mana kemarin harusnya tanggal (20/10) menjadi tanggal 27 Oktober 2014 nanti, " katanya.

Kendala yang dihadapi BKN pusat, HM Syahir menambahkan kalau sebenarnya dari persiapan BKN kurang cepat karena menurutnya pada saat seleksi bahan lamaran tersebut lambat.

" Dari persiapan saja, karena waktu yang telah ditentukan tidak terkejar oleh mereka saat malakukan seleksi bahan lamaran yang hampir 3000 - an lebih. Kita tetap melakukan konsultasi ke BKN di Jakarta dan Regional II, karena bukan hanya Batam saja, seluruh provinsi Kepri, kita tetap menunggu arahan dari BKN,  " terangnya.

Di tanya mengenai kesiapan para calon pelamar yang tidak afektif pada saat melakukan simulasi CPNS yang digelar hari Sabtu (11/10)  lalu di Universitas Putera Batam banyak yang tidak hadir.

" kita sudah melakukan MoU dengan universitas Putera Batam yang telah mempersiapkan 800 unit komputer Online, kalau dari kita hanya 600 unit saja, kalau masalah orangnya sudah faham, maklum orang Batam banyak yang bekerja mungkin mereka sudah pahamlah, " ujarnya.(Ys)