Wednesday, 8 October 2014

Pabrik Terbesarnya Nokia akan Ditutup, 5000 Karyawan Segera Pensiun Dini

Dinamika Kepri - Nokia sudah diakuisisi oleh Microsoft, semua urusannya sih udah kelar. Tapi baru-baru ini Nokia mengumumkan kalau mereka akan menutup pabrik terbesarnya yang ada di Chennai, India, awal bulan depan. Ternyata, pabrik ini nggak ada dalam paket akuisisi Nokia oleh Microsoft. Penyebabnya, adalah masalah sengketa pajak dengan pemerintah India.

Katanya sih, Nokia masih punya utang pajak ke pemerintah India yang belum dibayar. Nggak tanggung-tanggung, mencapai miliaran dolar AS!!! Secara pabrik di Chennai ini merupakan fasilitas produksi perangkat paling gede yang dimiliki vendor smartphone asal Finlandia ini.

Penutupan pabrik yang akan dilakukan tanggal 1 November ini pun tentunya berakibat buruk ke para karyawan pabrik, tapi Nokia sudah membuat langkah-langkah untuk meminimalisir dampak penutupan pabrik kepada para karyawan. Bulan April kemarin, Nokia udah menawarkan skema pensiun dini untuk para karyawan pabrik. Dari 6600 karyawan full time, sudah 5000 orang yang menerima tawaran pensiun dini dari Nokia.

Nokia memang sudah semakin meredup, dikarenakan mereka meremehkan iPhone dan Android waktu keduanya baru mulai muncul. Akibatnya, pangsa pasar mereka semakin menyempit dan akhirnya diakuisisi Microsoft. Nama Nokia pun akan menghilang dan digantikan dengan nama 'Microsoft Device'.

By : Indra Wiguna Rosalia.