Tuesday, 19 August 2014

Warga Complain Pendirian BTS diatas Bangunan Tetangga



Batam,Dinamaika Kepri - Lagi -lagi permasalahan Base Transceiver Station (BTS) selalu mencuat kepermukaan,kini warga Tembesi Raya kelurahan Kibing tidak terima atas pembangunan Menara BTS yang ada ditetangga belakang rumahnya.

Ketika yang bersangkutan ditanyai wartawan ini,katanya Ia sangat tidak setuju dengan adanya BTS tersebut,sedangkan pemilik bangunan ketika ditanya wartawan ini mengaku, kalau BTS yang sedang dalam pengerjaan diatas bangunannya itu adalah milik Telkomsel yang baru dua hari dikerjakan.

" Baru dua hari pengerjaannya,ini milik Telkomsel." Ucap Ibu pemilik bangunan di blok J no 1 itu singkat.

Ketika awak media ini menyambangi rumah perangkat RT 04/RW 02 namun tidak di tempat ,namun Istri RT hanya berkomentar ,Ia juga mengaku binggung,katanya kalau tidak setuju kenapa ada Tujuh tanda tangan warga yang menanda tanganinya,Tanya seperti penasaran kepada media ini.

Ketika dihubungi media ini,H. SALIM, S.Sos, M.Si Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam mengaku ,masih memperbolehkan pendirian menara BTS diatas bangunan asalkan ketinggiannya menara tidak melebihi aturan.

" Ya masih Boleh,yang penting ketinggiannya Tower itu tidak melebihi aturan ." jawabnya singkat via celularnya.

Padahal ketika hearing permasalahan BTS di Putra Jaya Indomas Di Dprd pada tahun 2013 lalu,pihaknya mengatakan tidaka akan pernah mengizinkan pembangunan menara BTS diatas bangunan,namun saat ini masih diperbolehkan,semuanya terkesan seperti pembohongan Publik.


Diduga kronologis pembangunan BTS di Rt 04 RW 02 ini sama persis seperti pembangunan BTS diatas ruko  di Putra Jaya Indomas Tanjung Uncang,warga sekitar (sepadan) tidak setuju,namun pembangunan dapat terealisasi.


Pengaruh dan dampak BTS pada kesehatan Manusia .


1. Risiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen akibat penggunaan ponsel. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel.


2. Bukan hanya pada anak dan remaja, pada orang dewasa radiasi ponsel juga berbahaya. Penggunaan ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli).


3. Radiasi ponsel juga berbahaya bagi kesuburan pria. Menurut penelitian,penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma hingga 30 persen. 


4. Frekuensi radio pada ponsel bisa menyebabkan perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu kanker. 


5. Frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan (live saving gadget) seperti alat pacu jantung. Akibatnya bisa meningkatkan risiko kematian mendadak. 



6. Sebuah penelitian membuktikan produksi homon stres kortisol meningkat pada  penggunaan ponsel dalam durasi yang panjang. Peningkatan kadar stres merupakan salah satu bentuk respons penolakan tubuh terhadap hal-hal yang membahayakan kesehatan. 


7. Medan elektromagnet di sekitar menara BTS dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh lebih sering mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal. 


8. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit/hari selama 4 tahun bisa memicu hilang pendengaran (tuli). Radiasi ponsel yang terus menerus bisa memicu tinnitus (telinga berdenging) dan kerusakan sel rambut .