Friday, 1 August 2014

UKM Batam Tidak Peduli Pedagang Kecil


Batam,Dinamika Kepri - Sangat miris dan sedih,itulah kata yang ditujukan kepada Nurholis (34) yaitu pedagang kerajinan tangan menggunakan limbah bekas ini mengaku sedih,sebab sampai saat ini dirinya tidak pernah disentuh bantuan dari Usaha Kecil dan Menengah(UKM) yang ada di Batam,padahal dirinya sudah pernah mengajukannnya sejak tahun 2009 yang lalu.

" Percuma kita ajukan permohonan bantuan Ke UKM,ngabiskan waktu kita saja,urusannya ribet,pakai jaminan segala pula lagi,dari mulai tahun 2009 sampai saat ini,belum ada tanggapannya,jadi percuma itu kita harapkan." Tegas Nurholis kesal

Ketika ditanya wartawan ini,Nurholis pedangang kecil di pintu Top seratus Tembesi itu mengaku adalah salah satu dari sekian banyak pedangang kecil yang masih  bisa bertahan hingga saat ini.

Ketika ditemui dilapaknya 1/8/2014 sore tadi di Top 100 Tembesi ,Nurholis tampak menjajakan replika minimalis jembatan Barelang yang terbuat dari berbagai bahan ,ia mengaku semua dagangan yang dijajakannya adalah hasil creatif tanggannya dan menggunakan dari limbah bekas.

Ia juga mengaku,selama ia menjadi pengerajin barang bekas ,ia sudah banyak mendapat penghargaan,baik dari walikota Batam,UKM dan dari penghargaan dinas perdagangan kota Batam,selain itu Nurholis ini juga sering ikut dalam pameran-pameran kerajinan tangan.

Namun saat ini,Nurholis telah dihadapkan dengan persaingan,mau tidak mau ia harus membayar sewa lapak julannya sebesar Rp 1,2 juta perbulannya kepada pengelola Top 100 Tembesi.

Walau mengaku mendapat penghasilan Rp 700 ribu untuk perharinya,katanya juga tidak memadai,katanya itu tidak selalu.

" Sewanya lumayanlah,ya alhamdulilah, kadang bisa mendapat Rp 700 ribu perhari." Cetusnya.

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. 

Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Namun Yang menjadi pertanyaan,apakah UKM di Batamtelah memperhatikan pedagang kecil?,jawab tidak,kenapa dikatakan demikian,jawabnya ya.. seperti penuturan Nurholis tersebut.