Saturday, 26 July 2014

Walikota Batam Janji Tarik Izin Pembangunan di Row Jalan

Batam,Dinamika Kepri - Walikota Batam Ahmad Dahlan berjanji menarik bilamana ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikeluarkan di kawasan Row jalan atau buffer zone. Ini ditekankan, agar tidak ada bangunan permanen yang membuat penataan kota menjadi tidak indah.

“Saya tekankan, tidak akan keluarkan IMB untuk itu. Kalau sudah dikeluarkan saya akan cabut kembali,”ujar Dahlan, menanggapi pertanyaan rencana pembangunan dikawasan eks ruli PLN yang berada di jalur hijau, Jumat (25/7).

Menurutnya, adanya tumpang tindih lahan juga menjadi perhatianya dan menyebabkan terjadinya pembangunan diareal yang terlarang. Karena itu ia meminta Dinas Tatakota Batam untuk mengkoordinasikan dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam mengenai peruntukan atau izin yang akan dikeluarkan. Terkait dengan kawasan eks Ruli PLN Batam, Dahlan pastikan hal itu tidak akan dikeluarkan IMB.

Dengan begitu, bila pembangunan terus dilakukan diatas Row jalan maka itu illegal. Bila terjadi maka hal itu merupakan pelanggaran hukum dan tindakan pidana.

“Lokasinya sudah saya tinjau. Jumat lalu saya sengaja shalat didaerah itu untuk melihat langsung. Saya katakan, ini tidak ada IMB,”katanya.

Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, untuk masalah ruli PLN pihaknya sudah memberikan penekanan kepada pihak perusahaan.

“Ada surat perjanjian antara kita dan pihak perusahaan. Mereka harus bisa menyelesaikan masalah dengan masyarakat. Kalau tidak bisa, (izinnya) ditarik kembali,” jelasnya.