Thursday, 19 June 2014

Diduga Ada Uang Miliaran Rupiah Mengendap di Rekening BP Batam


Batam, Dinamika Kepri - Pengusaha atau investor di Batam telah menuai harapan yang tidak ada kepastian perihal  penyetoran sejumlah uang ke rekening BP Batam atas permohonan lahan.

Para pengusaha/investor tersebut merasa kecewa akibat tidak ada kepastian hukum permohonan lahan yang selama ini mereka ajukan.

BP Batam terlihat tidak pantang menyerah adanya keputusan menteri yang di terbitkan tahun 2011 terkait kawasan pendingzon maupun hutan lindung.Sepertinya pemerintah pusat harus campur tangan dalam menyelesaikan permasalahan ini  apalagi batas-batas lahan yang harus di singkronkan.

Pemerintah pusat seharusnya menyikapi lebih bijak adanya temuan hasil audit  BPK RI,penerimaan uang di rekening BP Batam yang di anggap tidak layak.Jika hal itu benar adanya temuan kejanggalan BPK RI di rekening BP Batam,berapakah jumlah uang yang mengendap di rekening BP Batam saat ini ?

Berinisial BS mengatakan pada media ini BP Batam hanya memberikan harapan yang tidak pasti,sudah bertahun-tahun menjanjikan  akan segera di rapatkan prihal pembayaran faktur 10% atas lahan tersebut untuk bisa di tindak lanjuti.

BP Batam selalu pintar mengalihkan pertanyaan dan meluluhkan hati para  investor/pengusaha hendak di tanya terkait pengelokasian lahan.Setiap kami datang ke kantor BP Batam menanyakan kapan di terbitkan faktur pembayaran UWTO 30 Tahun selalu jawaban yang kami terima “masih di rapatkan “.

Sudah sekian lama permasalahan ini bahkan sebelum terbitnya keputusan menteri tahun 2011 terkait status lahan di kota Batam maupun di Kepri jauh sebelumnya kami sudah melunasi faktur pembayaran 10%.Kami mau memulai  usaha serba di gantung ,karena lahan yang kami ajukan sudah hampir puluhan tahun sampai saat ini belum ada jawaban yang memuaskan dari Instansi BP Batam.

Pada dasarnya karena kami sudah melakukan pembayaran faktur 10% BP Batam patutnya memberikan jaminan dan pegangan yang pasti kepada investor maupun pengusaha serta masyarakat agar tidak terkatung-katung.Berapa banyak pemohon lahan saat ini di kota Batam maupun pulau Barelang yang sedang menunggu komitmen dan kepastian terkait legallitas hukum yang kami mohonkan,jelasnya.

Catatan di buku laporan utama ketua BPK Hadi Pornomo di saat penyerahan Ikhtisar hasil pemeriksaan semester (IHPS) semester I/2011 di gedung DPR Jakarta mengungkapkan laporan yang berindikasi tindak pidana korupsi yang telah di sampaikan BPK ke penegak hukum dari tahun 2003 sampai semester 2011sebanyak 305 kasus senilai Rp.33,66 triliun.

Sementara dari 305 kasus yang di serahkan itu instansi yang berwenang yaitu kepolisian,kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)telah menindaklanjuti 166 kasus yaitu pelimpahan kepada penyidik sebanyak 41 kasus,gelar perkara dan penelitian sebanyak 21 kasus,penyelidikan sebanyak 24 kasus ,penyidikan sebanyak 10 kasus ,proses sidang satu kasus ,penuntutan sebanyak 11 kasus ,vonis sebanyak 47 kasus dan SP3 sebanyak 11 kasus.Lalu bagaimana hasil pemeriksaan dan audit  yang di lakukan BPK di rekening BP Batam terkait “temuan uang di rekening BP Batam “apakah ada mengandung unsur terindikasi korupsi ?

Awak media ini sudah berusaha mendatangi pihak BP Batam,edisi lepas edisi  di pemberitaan yang kami terbitkan,ternyata di tubuh pemerintahan BP Batam sendiri  selalu menghindar dari kejaran wartawan.Bahkan awak media ini mendatangi ruangan bagian kehumasan di kantor BP Batam,pegawai menjawab sudah ada janji belum ? Ternyata kalau untuk konfirmasi di ruangan publikasi di kehumasan BP Batam,harus ada buat janji sebelumnya,di hubungi melalui ponsel selulernya tidak pernah di angkat,di kirim pesan sms tidak mau menjawab.

Kembali menghubungi ponsel kepala BP Batam pak Mustofa Wijaya,dari beberapa orang stafnya saat di hubungi setiap hari  mengangkat ponselnya selalu memberikan menjawaban” akan kami sampaikan ke bapak”Beranikah BP Batam transparan pada publik jumlah uang yang mengendap yang di setorkan pengusaha/investor maupun masyarakat atas permohonan lahan pembayaran 10% sampai saat ini belum menerbitkan faktur  UWTO 30 Tahun.Berapakah jumlah nilai aset keseluruhan yang di miliki BP Batam ?


Sumber : Zonadinamika.com