Saturday, 24 May 2014

Para Peserta Tour De Barelang Jadwalkan Penghijauan.

Batam,Dinamika Kepri - Para Peserta Tour De Barelang yang digelar akhir pekan ini oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam,juga dijadwalkan menanam pohon di Pulau Sembulang pada hari kedua. Pebalap sepeda asing itu, akan melakukan kegiatan amal di hari kedua pelaksanaan.

Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Obyek Wisata Disparbud Kota Batam Rudi Panjaitan menuturkan, penanaman pohon oleh peserta pada kegiatan Tour De Barelang merupakan pertama kalinya yang dilakukan dari berbagai negara. Kegiatan amal itu berupa penanaman pohon dengan jenis tumbuhan pohon  Trembesi dan sebagai upaya melestarikan lingkungan serta menumbuhkan kesadaran khalayak akan pentingnya kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon bagian dari kegiatan amal. Ini dilaksanakan pada hari kedua acara, Minggu (25/5). Jadi merupakan rangkaian acara ‘Wheel for Change’. Pada hari ke dua, pebalap hanya bersepeda sampai Pulau Sembulang untuk amal sekaligus jalan-jalan. Tidak lomba,” ujar Rudi, Jumat (23/5).
 

Karena event ini dilakukan setiap tahun, maka peserta yang menanam saat ini bisa lagi ikut meramaikan pelaksanaan kedepannya, sekaligus melihat pohon yang ditanamnya itu.

“Ini sebagai daya tarik tersendiri. Mudah-mudahan dengan begini peserta Tour De Barelang setiap tahun meningkat. Akhirnya, kunjungan wisatawan asing akan terus bertambah karena memiliki satu destinasi wisata, yakni event olahraga,”katanya.

Tour De Barelang akan diikuti sedikitnya  350 pembalap dari 28 negara, baik dari Asia dan Eropa. Para peserta akan menempuh rute dari Sekupang menuju Batuaji lalu ke Jembatan I hingga jembatan VI lalu berputar balik dan kembali lagi di Pantai Dendang Melayu.

“Biar lancar, nanti jalan khususnya di Jembatan I akan bebas dari Pedagang. Semua kita pusatkan di lapangan Dendang Melayu. Ini sudah kita koordinasikan dengan Dinas PMPK-UKM,” Rudi mengakhiri.(mc)