Tuesday, 29 April 2014

Panwaslu Rekomendasikan KPU Batam Lakukan Pleno Perbaikan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara

Tanjung Pinang ,Dinamika Kepri- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam merekomendasikan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam melakukan pleno perbaikan data hasil rekapitulasi perhitungan suara di kantor KPU Kepulauan Riau (Kepri). Langkah itu ditempuh Panwaslu setelah sejumlah saksi saling komplain hingga menyebabkan rapat sinkronisasi suara KPU Kota Batam deadlock.

Hal itu dituangkan Panwaslu melalui surat rekomendasi nomor: 181/Panwaslu/KA/BTM/10/2014 yang langsung ditujukan ke KPU Kota Batam. Dalam surat rekomendasi tersebut, Ketua Panwaslu Batam, Suryadi Prabu, menyatakan, sesuai dengan rekomendasi Panwaslu Batam berdasarakan pleno KPU Batam, 28 April 2014, tentang penetapan perolehan suara, ditemukan adanya hasil rekapitulasi perhitungan suara tersebut antara data yang dibacakan dengan data yang diterima adalah berbeda.

"Banyak laporan selisih tentang keberatan terhadap hasil pleno KPU kota Batam tanggal 28 April 2014," ujar Suryadi melalui surat rekomendasi tersebut.

Akibat ketidakkonsitenan data tersebut, Panwaslu merekomendasikan kepada KPU untuk mengadakan pleno perbaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Kota Batam. Rekomendasi ini berdasarkan rapat pleno Panwaslu Kota Batam pada 29 April 2014.

Meski sudah ada surat rekomendasi dari Panwaslu tersebut, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi kembali ngotot dan menyatakan tidak sepakat dengan pelaksanaan pleno perbaikan yang direkomendasikan Panwaslu. 

 Sumber Berita .batamtoday.com