Friday, 21 March 2014

Pulau Dewata Bali Paling Banyak di Minati Turis Dari Negara Rusia

Dinamika Kepri- Keindahan Bali memukau dunia. Pesona Pulau Dewata itu mengalahkan keindahan pusat wisata dunia lainnya, seperti Maladewa, Yunani, Mauritius, dan Phuket.
Penilaian itu datang dari para pembaca majalah perjalanan bergengsi di Rusia, Conde Nast Traveler Russia, yang secara rutin menganjar penghargaan bertajuk "Readers Choice Award".

Dalam penganugerahan itu, para pembaca majalah ini diminta memilih obyek wisata dan sarana pendukungnya yang paling mereka sukai di berbagai negara. Untuk tahun 2013, Bali meraih suara terbanyak sebagai obyek wisata yang paling diminati masyarakat Rusia. Bali bersaing dengan nomine lain dalam pemilihan, yakni Phuket, Maladewa, Mauritius, dan Yunani. Pada 2012, Pulau Bali masuk nominasi, namun gagal meraih suara terbanyak.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun, mewakili pemerintah Indonesia menerima penghargaan itu pada Senin, 17 Maret 2014, di Moskow.

"Penghargaan yang diterima Bali ini tidak terlepas dari upaya semua pihak, baik di Indonesia maupun di Rusia untuk terus mempromosikan keindahan Pulau Dewata kepada calon-calon turis potensial asal Rusia," kata Djauhari dalam pernyataan tertulisnya kepada Tempo, Selasa, 18 Maret 2014 malam.  

Ia mengatakan Kedutaan Besar Indonesia di Moskow secara terus-menerus berupaya mempromosikan Pulau Bali dan obyek-obyek wisata lainnya di Indonesia kepada masyarakat Rusia. Pulau Bali, ujar dia, mampu memberikan 5-S, yakni sun, sand, smile, service, dan satisfaction, kepada turis-turis Rusia.

Conde Nast Traveler Rusia sering memuat tulisan mengenai obyek-obyek wisata di Tanah Air. Pada edisi musim panas 2013,  kru majalah ini membawa petenis dunia asal Rusia, Maria Sharapova, berkunjung ke Yogyakarta. Hasil kunjungan dituangkan dalam tulisan dan foto sebanyak 14 halaman. Tulisan serupa juga dimuat di Conde Nast Traveler Rusia yang terbit di Spanyol dan Cina.