Thursday, 20 March 2014

PN Batam Ganti Pemimpin,Khairul Fuad gantikan Jack Johannis Octavianus.

Batam,Dinamika Kepri - Khairul Fuad kembali menggantikan posisi Jack Johannis Octavianus. Sebelumnya Khairul gantikan Jack sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jayapura sekitar 18 bulan lalu. Kali ini Khairul kembali menggantikan Jack untuk posisi Ketua PN Batam. Sementara Jack Johannis Octavianus menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Banjarmasin.Serah terima jabatan dilakukan di Kantor Pengadilan Negeri Batam, Rabu (19/3).

“Secara kebetulan dua kali saya gantikan posisi Pak Jack sebagai Ketua PN,” ujar Khairul.
Khairul Fuad mengatakan ada dua program utama yang akan diterapkan di PN Batam. Pertama penanganan perkara secara cepat, tidak perlu menunggu hinga enam bulan. Apalagi sampai bebas demi hukum akibat masa penahanan habis.

Kedua yaitu transparansi sistem CTS atau Sistem Penelusuran Perkara yang disajikan secara lengkap kepada setiap orang. Isinya tentang apa perkaranya, siapa majelisnya, dan apa agendanya. Sehingga lebih terbuka informasinya.

Ia pun menyatakan siap terbuka dan komunikasi dengan wartawan terkait penanganan perkara.

Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Naomi HT Siahaan dalam sambutannya mengatakan PN Batam ini istimewa karena berbatasan dengan negara-negara Asean seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sehingga akan banyak menangani perkara yang menyangkut warga negara asing seperti masalah kepabeanan, imigrasi, dan human trafficking.

Karena itulah harus memiliki kultur kerja yang cepat. Penanganan perkara harus efektif dan efisien. Dan harus mengutamakan keterbukaan informasi berbasis IT sesuai cita-cita Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Ia juga mengingatkan agar utamakan langkah persuasif, antisipatif, dan penanganan korektif sebagaimana amanat Ketua MA. (mc)