Wednesday, 19 February 2014

SAMBUTAN KAPOLDA KEPRI DALAM ACARA RAKERNIS DIREKTORAT BAHARKAM POLDA KEPRI.

Batam,Dinamika Kepri- Rabu tanggal 19 Februai 2014 pukul 14.00 Wib, Kabid Humas Polda Kepri Akbp. Hartono, SH diruang kerjanya menerangkan tentang Rakernis Fungsi Teknis Direktorat Jajaran Baharkam Polda Kepri TA 2014 

Bahwa hari ini Rabu tanggal 19 Februari 2014 pukul 09.00 wib telah dilaksanakannya  Acara Rakernis Fungsi Teknis Direktorat dan Jajaran TA 2014 di Gedung Graha Lancang Kuning Polda Kepri. Acara Rakernis Baharkam di pimpin langsung oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat, di hadiri oleh WakaPolda Kepri Kombes Pol. Drs. Richard Marlon Lumban Tobing, SH, Dir PolAir Polda Kepri Kombes Pol. M. Yassin Kosasih, Sik, Msi dan Para Pejabat Utama Polda Kepri serta para undangan lainnya.

Adapun Sambutan Kapolda Kepri pada Acara Rakernis Direktorat Baharkam Polda Kepri, Beliau menyampaikan Kegiatan Rakernis yang di agendakan setiap tahunnya merupakan sarana untuk melakukan analisa serta evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di masing - masing Satker / Satwil yang berada dalam Jajaran Baharkam Polri. Diharapkan dari kegiatan tersebut ditemukan kekurangan, kelemahan dan kendala agar dapat dilakukan upaya perbaikan pada tahun - tahun berikutnya. Disamping itu, penyelenggaraan Rakernis ini juga untuk menindak lanjuti hasil rapat Pimpinan Polri.

Pada tahun 2014 ini, Polri fokuskan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu tahun 2014 yg sangat penting demi kelangsungan pembangunan Nasional. Oleh karena itu Polri mengambil Tema “ Baharkam Polri dan Jajarannya Siap Mengamankan Pemilu 2014 ”. Kapolda Kepri menilai tema ini sangat Kontekstual dan Relevan dengan Kebijakan 12 Program Prioritas Polri. Kapolda Kepri juga menyampaikan bahwa, tahapan Pemilu telah memasuki Kampanye dan semoga pada tahapan - tahapan Pemilu selanjutnya bisa berjalan dengan aman dan kondusif.

Selama ini juga telah banyak langkah - langkah yang di lakukan oleh masing-masing fungsi baik di tingkat Polda maupun di tingkat Satwil dalam persiapan pengamanan Pemilu 2014. Oleh karena itu banyak pelatihan - pelatihan yang diadakan agar Anggota Polri mempunyai keterampilan yang mumpuni, kemampuan profesional dan mental yang baik. 

Kapolda Kepri berharap pada kegiatan Rakernis yang berlangsung pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2014, beliau menyampaikan agar keterampilan dasar Anggota Polri seperti Patroli, Pengawalan, Penjagaan, Razia dan lain sebagainya agar menjaga keterampilan Anggota Polri. Adakan  program - program unggulan guna menunjang kinerja Polri dengan diwujudkan seperti Pemberdayaan Satpam, BhabinKamtibmas untuk pengamanan Pemilu dan segera bentuk Personel yang di peruntukan guna pengamanan Capres maupun Cawapres.

Ancaman yang harus di waspadai Polri adalah ancaman Terorisme yang memiliki jaringan di berbagai Kota. Dengan memanfaatkan kesibukan Anggota Polri pada saat pengamanan Pemilu, para Teroris ini melancarkan aksi - aksinya dengan sasaran              seperti : Tempat Umum, Anggota Polri ataupun Mako Polri. Kejahatan lainnya yang tidak kalah serius adalah kejahatan Jalanan, Narkoba, Konflik Komuna dan Kekerasan Horizontal serta konflik lainnya yang berdampak negatif pada Kamtibmas. Salah satu solusi untuk masalah - masalah ini adalah dengan membuat peta rawan pada pemilu 2014, agar Anggota Polri mampu mengantisipasi gangguan - gangguan yang akan muncul pada daerah tersebut.

Selama ini telah banyak dilakukan upaya dan langkah - langkah untuk mewujudkan postur Polri sebagai sosok Penolong, Pelayan, dan Sahabat Masyarakat serta sebagai Penegak Hukum yang Jujur, Benar, Adil, Transparan dan Akuntabel.

Dalam Rangka Pelaksanaan Rakernis Fungsi Teknis Direktorat Jajaran Baharkam Polda Kepri TA 2014 , Kapolda menghimbau agar seluruh Anggota dapat mencermati dan mengantisipasi setiap fenomena yang berkembang dalam Masyarakat yang diperkirakan berimplikasi pada terjadinya gangguan Kamtibmas yang dapat menganggu penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2014. Wujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dengan melakukan upaya-upaya antisipatif yang terarah,  terencana dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk membantu tugas Polri.