Monday, 10 February 2014

DIT RESNARKOBA POLDA KEPRI GELAR KASUS PENANGKAPAN DAN PEMUSNAHAN BARANG BUKTI NARKOBA

Batam,Dinamika Kepri - Senin Tanggal 10 Februari 2014 pukul 14.00 Wib, KabidHumas Polda Kepri Akbp. Hartono, SH dari ruang kerjanya menerangkan tentang Dit ResNarkoba Polda Kepri gelar kasus Penangkapan dan Pemusnahan barang bukti Narkoba di Polda Kepri .

Tadi pagi sekitar jam 10.30 Wib, Dir Narkoba Polda Kepri Kombes Pol. Agus Rohmat, Sik, SH, M. Hum menyampaikan kepada      Rekan – rekan awak Media di Mapolda Kepri tentang Kronologis penangkapan Bandar Narkotika jenis serbuk Kristal Shabu dan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba seberat 227 ( Dua ratus dua puluh tujuh ) Gram.

Berdasarkan Laporan Polisi No : LP.A / 08 / I / 2014 / SPKT – Kepri tanggal 19 Januari 2014, Subdit II Dit ResNarkoba Polda Kepri yang dipimpin oleh Kompol. Harry Andreas, Sik telah berhasil melakukan penangkapan 3 ( Tiga ) Orang Bandar Narkoba yang Ber Inisial SA ( Riau ) 33 Thn, AY ( Riau ) 40 Thn dan EP ( Medan ) 31 Thn, TKP : Perum. Anggrek Permai Kec. Lubuk Baja Kota Batam pada hari minggu tanggal 19 Januari 2014 pukul 13.00 Wib.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh Subdit II Dit ResNarkoba Polda Kepri pada saat penangkapan adalah :

1.    1 ( Satu ) Bungkus plastik yang berisi Serbuk Kristal Shabu seberat 227 ( Dua ratus dua puluh tujuh ) Gram

2.    1 ( Satu ) Unit Sepeda motor merk Yamaha Vega ZR warna merah dengan No Pol. BP 4293 GA

3.    1 ( Satu ) Lembar STNK Asli An. Zulhari. S

4.    1 ( Satu ) Unit HP Nokia dengan kartu Simpati No. 085248970076

5.    1 ( Satu ) Unit HP Blackberry Type 8830 warna hitam dengan kartu Simpati No. 081276369704

6.    1 ( Satu ) Unit HP Nokia Type RH 130 warna biru dengan kartu Simpati No. 081277499979

7.    1 ( Satu ) Unit Mobil Mitsubishi Strom warna hijau No Pol. BP 8505 ZD


Tersangka diduga keras telah melakukan Tindak Pidana Norkotika Golongan 1 ( Satu ) dalam bentuk serbuk Kristal yang diduga Shabu, sebagaimana disebutkan dalam rumusan Pasal 112 Ayat ( 2 ) Jo Pasal 132 ayat ( 1 ) Undang – undang Negara Kesatuan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kronologis Penangkapan
Pada hari minggu tanggal 19 Januari 2014 sekira pukul 15.00 Wib Subdit II Dit ResNarkoba Polda Kepri mendapatkan Informasi dari masyarakat bahwa di Perum. Anggrek Permai Kec. Lubuk Baja – Kota Batam telah di amankannya seseorang orang yang diduga memiliki Narkotika jenis Sabu – sabu oleh masyarakat perumahan setempat.

Tersangka diamankan oleh masyarakat Perumahan setempat awalnya karena seorang laki – laki Bernama SA telah diteriaki Maling oleh Warga Perumahan Anggrek Permai dan Saudara SA berhasil Ditangkap oleh Saudara Yendra yaitu warga perumahan setempat. Setelah berhasil diamankan Saudara SA ditanyakan oleh Saudara Yendra, lalu Saudara SA mengatakan / mengaku bahwa dia telah terlibat masalah Narkotika jenis serbuk Kristal Sabu –sabu. Setelah mendengarkan pengakuan dari Saudara SA, maka Saudara Yendra memanggil pemuka masyarakat setempat ( RT ) yang juga berprofesi sebagai Security Bernama An. Bertolomeus Lako dan Primus Talo.

Setelah Saudara YR dan BL membawa tersangka SA untuk pergi ke Perumahan Anggrek Permai Kec. Lubuk Baja – Kota Batam tersebut untuk mengecek kebenaran dari cerita Saudara SA tadi, sesampainya dirumah Saudara SA menunjukan Narkoba ( Shabu ) tersebut yang disimpan didalam lemari pakaian sebanyak 1 ( Satu ) Bungkus Plastik.

Pada saat masyarakat Perumahan setempat melihat / menemui barang bukti tersebut, maka Pemuka masyarakat Perumahan Anggrek Permai Kota Batam untuk melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian. 

Setelah mendapatkan Laporan dari masyarakat tersebut, maka Dit ResNarkoba Polda Kepri langsung ke TKP untuk melakukan pemeriksaan dari laporan masyarakat Perumahan Anggrek Permai Kota Batam. Setelah melakukan pemeriksaan maka Subdit II Dit ResNarkoba Polda Kepri yang dipimpin oleh Kompol. Harry Andreas, Sik menemukan barang bukti yang diduga Narkotika jenis Shabu seberat 227 ( Dua ratus dua puluh tujuh ) Gram.

Selanjutnya Tersangka beserta Barang bukti yang ditemukan di TKP diamankan dan dibawa ke Kantor Dit ResNarkoba Polda Kepri untuk Proses Pemeriksaan dan Penyidikan lebih lanjut. Setelah Proses Pemeriksaan terhadap tersangka SA, maka Subdit II Dit ResNarkoba Polda Kepri berhasil menangkap 2 ( Dua ) Orang tersangka yang Berinisial    AY ( Riau ) 40 Thn dan EP ( Medan ) 31 Thn.

Proses Pemusnahan Barang Bukti

Setelah Proses Pemeriksaan dan Penyidikan dilakukan, maka Dit ResNarkoba Polda Kepri yang dipimpin oleh Kombes Pol. Agus Rohmat, Sik, SH, M. Hum memusnahkan barang bukti tersebut pada hari Senin tanggal 10 Februari 2014 pukul 10.30 Wib, yang dihadiri oleh Perwakilan dari Kajati Prov. Kepri, BNN Prov. Kepri, Balai POM Prov. Kepri,  LSM Granat Kepri dan Para tersangka. Adapun Rincian dari Proses pelaksanaan Pemusnahan Barang bukti Narkotika Jenis Shabu seberat 227 ( Dua ratus dua puluh    tujuh ) Gram tersebut, Yaitu :

1. Barang bukti diduga shabu tersebut diatas diambil 15,06 ( Lima belas koma nol enam ) Gram dikirimkan ke Labfor Mabes Polri Cabang Medan untuk Proses Pemeriksaan.

2. Dari jumlah keseluruhan Barang bukti Narkoba diduga Shabu seberat 227 ( Dua ratus dua puluh tujuh ) Gram dan telah diambil seberat 15,06 ( Lima belas koma nol enam ) Gram dikirimkan ke Labfor Mabes Polri Cabang Medan untuk Proses Pemeriksaan, maka barang bukti Narkoba yang diduga Shabu tersebut tersisa seberat 209,94 ( Dua ratus Sembilan koma Sembilan puluh empat ) Gram.

3. Maka barang bukti Narkotika jenis Shabu seberat 209,94 ( Dua ratus Sembilan koma Sembilan puluh empat ) Gram akan dimusnahkan.

4. Adapun Proses Pemusnahan barang bukti tersebut dengan cara Memasukan Narkoba tersebut kedalam Tong yang berisi Air Panas yang mendidih dan disaksikan oleh Para Undangan yang hadir serta para tersangka.

5. Setelah barang bukti Narkoba jenis Shabu larut dalam air Panas Mendidih tersebut, setelah itu dibuang kedalam Kloset / Toilet yang disaksikan oleh para undangan yang hadir dan para tersangka.

6. Dalam Proses Pemusnahan barang bukti Narkotika Jenis Shabu yang dimusnahkan di Ruang Kantor Dit ResNarkoba Polda Kepri, mulai dari tahap Awal tersangka dibawa dari sel tahanan Dit Tahti Polda Kepri sampai dengan Proses Pemusnahan maupun saat membuang barang bukti kedalam Kloset / Toilet, dibawah Pengawasan dari Bid Propam Polda Kepri. (Lis)