Wednesday, 22 January 2014

SBY Akan Resmikan Rencana Garis Besar ( RGB ) Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas



Batam,Dinamika Kepri - Hari ini Rabu Tanggal 22 Januari 2014 pukul 14.00 Wib, KabidHumas Polda Kepri Akbp. Hartono, SH diruang kerjanya menerangkan tentang Rencana Garis Besar ( RGB ) Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan BerLaluLintas oleh Polda Kepri.
 
Pada hari Minggu Nanti tepatnya Pada tanggal 26 Januari 2014 sekira pukul 06.00 Wib, Dit Lantas Polda Kepri akan melaksanakan kegiatan Rencana Garis Besar ( RGB ) Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan BerLaluLintas yang akan dibuka oleh Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia DR. Soesilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono. 

Dalam Acara tersebut akan dihadiri oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat, WakaPolda Kepri Kombes Pol. Richard Marlon Lumban Tobing, SH, Dir Lantas Polda Kepri Kombes Pol. Tantan Sulistyana, SH, Sik, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Para Kasatker / Kasatwil Jajaran Polda Kepri, Gubernur / Wakil Gubernur Kepri, Walikota / Wakil Walikota Batam, Seluruh Personil Polda Kepri dan Jajaran serta Para Undangan lainnya dan Masyarakat setempat.

Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat melalui KabidHumas Polda Kepri Akbp Hartono, SH menyampaikan kepada seluruh Masyarakat Prov. Kepri untuk dapat hadir menyaksikan kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan BerlaluLintas yang diselenggarakan oleh Dit Lantas Polda Kepri, yang akan dilaksanakan Pada Hari Minggu tanggal 26 Januari 2014 Pukul 06. 00 Wib, bertempat di Ocarina Batam Center  Pukul 06. 00 Wib. Kegiatan Rencana Garis Besar ( RGB ) Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda Se – Indonesia.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Jenderal Polisi Drs. Sutarman No : STR / 934 / XI / 2013 tanggal 28 November 2013 tentang Rencana Garir Besar ( RGB ) Pencanagan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan BerLalu Lintas, menyampaikan bahwa kondisi lalu lintas saat ini sudah sampai tingkat yang memprihatinkan diwarnai dengan tingginya tingkat Kemacetan, Pelanggaran dan Kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa serta kerugian materil dan menjadi beban Psikologis dari keluarga, dikarenakan kurang Berhati – hati, Disiplin dan tidak mengetahui tentang Etika Berlalulintas yang baik dan benar.

Disiplin Lalu lintas merupakan cermin budaya Bangsa Indonesia dan selaras dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia No : 4 Tahun 2013, tentang Program Dekade Aksi keselamatan jalan yang telah ditetapkan pada tanggal 11 April 2013 dan untuk memastikan bahwa aspek dalam penyelenggaraan keselamatan jalan tertangani secara baik, pada level Nasional, dilakukan pengelompokan aspek keselamatan jalan dalam 5 ( Lima ) Pilar, Yaitu :

1.    Manajemen Keselamatan Jalan ( Road Safety Management )
2.    Jalan yang berkeselamatan ( Safer Road )
3.    Kendaraan yang berkeselamatan ( Safer Vehicle )
4.    Penguna jalan yang berkeselamatan ( Safer People )
5.    Respon pasca kecelakaan ( Post Crash Reponse )

Dengan adanya Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Belalu Lintas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat, tentang arti Pentingnya budaya Tertib Berlalu Lintas serta tertanamnya kedalam jiwa masyakat secara Individu untuk mau dan mampu menjadi Pelopor Keselamatan Berlau Lintas sehingga dapat terwujudnya KamseltibcarLantas yang baik dan benar.