Ilustrasi petugas SAR mengevakuasi korban pesawat jatuh dipantai
Ilustrasi petugas SAR mengevakuasi korban pesawat jatuh dipantai (sumber: ANTARA FOTO)
Dinamika Kepri - Sentani, Sebuah pesawat Navagu PA-31 dengan nomor lambung PK-IWT yang berangkat dari Bandara Sentani, Papua, sekitar pukul 08.00 WIT, Minggu (19/1), jatuh di Tual, Maluku Tenggara.
"Tujuan pesawat tersebut belum jelas tapi krunya menginformsikan bahwa pesawat itu akan bertolak ke Tual," kata Plt. Kepala Bandara Sentani Benyamin N. Apituley di Sentani, Minggu.
Menurutnya, tujuan awal pesawat tersebut ke Sentani untuk melakukan survei.
"Pesawat tersebut berisi 4 orang kru terdiri atas kapten, co pilot, enginer dan rontange," ujarnya namun belum bisa menyebutkan identitas kru pesawat.
Benyamin menambahkan berdasarkan informasi yang diterima dari Tual, pesawat tersebut jatuh di dekat Bandara Tual, sekitar 7 km dari landasan.
"Kami masih mengecek juga karena ketika berangkat dari Sentani, kondisi pesawat baik-baik saja," ujarnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa sebuah pesawat terbang milik PT Intan Angkasa dengan nomor register Wisky India Tenggo yang terbang dari Sentani (Papua), jatuh di pantai Un, Kota Tual, dan menewaskan pilot serta tiga orang awak pesawat.
"Informasi yang kami terima, pesawat tersebut datang dari Sentani menuju Tual dan akan melanjutkan penerbangan ke Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku," kata Ketua DPRD Kota Tual RM Waremra yang dihubungi dari Ambon. Pesawat tersebut diperkirakan jatuh sekitar pukul 12.10 WIT.
Penulis: /RIN
Sumber:Antara