Wednesday, 11 December 2013

KAPOLDA KEPRI RESMIKAN POLSEK TJ. PINANG KOTA DAN TJ. PINANG BARAT



Tanjung Pinang,Dinamika Kepri- Pada hari ini Selasat tanggal  10 Desember 2013 pukul 14.00 Wib, Kabid Humas Polda Kepri Akbp Hartono, SH diruang kerjanya menerangkan tentang Peresmian Polsek Tj. Pinang Kota dan Polsek Tj. Pinang Barat.

Selasa tanggal 10 Desember 2013 Sekira Pukul 08.00 Wib Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat telah meresmikan Polsek Tj. Pinang Kota dan Sekira Pukul 10.00 Wib Kapolda Kepri juga meresmikan Polsek Tj. Pinang Barat, dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolres Tj. Pinang Akbp. Patar Gunawan Aritonang, Sik, Walikota Tj. Pinang Drs. H. Lis Darmansyah, SH dan Para Undangan dari Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Adapun Sambutan Kapolda Kepri dalam acara Peresmian Kantor Polsek Tj. Pinang Kota dan Barat, Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada Pemkab Kota Tg. Pinang dalam hal ini bapak Walikota Tg. Pinang Bapak H. Lis Darmansyah, SH atas pemberian bantuan Hibah berupa lahan yang saat ini telah dibangun sarana Mako Polsek Tg. Pinang Kota.

Hal ini merupakan wujud kemitraan yang harmonis antara Pemkab Kota Tg. Pinang dengan Polda Kepri khususnya dengan Polres Tg. Pinang dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna memelihara dan menciptakan situasi Kamtibmas di lingkungan Kabupaten Kota Tg. Pinang umumnya dan khususnya di lingkungan Kecamatan Tg. Pinang Kota dan Tg. Pinang Barat.

Selanjutnya Kapolda Kepri juga mengucapkan terima kasih kepada semua unsur masyarakat yang telah memberikan dukungan dan bantuan baik moril maupun materil sehingga dapat terlaksananya pembangunan Mapolsek Tg. Pinang Kota dan Tg. Pinang Barat ini.

Kapolda Kepri berharap hubungan yang sudah harmonis antara masyarakat dengan Polsek Tg. Pinang Kota dan Tg. Pinang Barat dapat lebih ditingkatkan sehingga akan terjalin  kemitraan yang saling mendukung guna bersama - sama saling membantu menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.


Situasi yang kondusif, hubungan yang harmonis dan sinergitas dalam kehidupan tidak akan dapat hanya dilakukan oleh Polri sendiri, namun semua itu baru dapat terwujud dengan adanya kerja sama yang baik antara Polri dan Masyarakat.

Polri dan Masyarakat adalah mitra, artinya masyarakat adalah mitra atau rekan Polri untuk menjaga keutuhan keamanan, kenyamanan, ketertiban dan keselamatan di wilayah tersebut. Salah satunya yaitu membangun kerjasama melalui Sinergi Polisionil yang proaktif dalam rangka penegakkan hukum dan hak asasi manusia.


Polri harus jeli untuk melihat, kaca mata polri harus luas untuk bisa mendapatkan kebenaran sehingga akan mengambil tindakan yang benar, Polri harus hadir ditengah - tengah masyarakat, salah satunya yaitu melalui “communiteing police” atau mempolisikan komunitas yang ada, seperti Paguyuban ( polri ada disitu ), komunitas nelayan ( polri hadir disitu ) dan lain sebagainya. Melalui keberadaan Mapolsek Tg. Pinang Kota dan Tg. Pinang Barat ini tentunya akan membuat Polri khususnya Polda Kepri menjadi lebih dekat dan hadir di tengah - tengah masyarakat dan siap melayani / membantu masyarakat kapan pun dibutuhkan.

Selaras dengan tugas pokok Polri dan Dinamika perkembangan masyarakat dalam rangka melakukan Akselerasi pelayanan prima kepada masyarakat maka Pimpinan Polri yakni Bapak Kapolri Jenderal Polisi. Drs. Sutarman telah menetapkan 12 (dua belas) program prioritas untuk merumuskan arah dan kebijakan yang dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut.

Menyikapi hal tersebut tentunya perlu adanya suatu upaya strategis dan terobosan kreatif untuk membangun kemitraan dan kerjasama  dengan berbagai pihak baik yang berkaitan dengan tugas pokok, fungsi dan peran Polri dalam rangka memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat guna menciptakan dan memelihara situasi Kamtibmas.

Sesuai dengan Visi dan Misi Polri Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Endjang Sudradjat telah mengambil langkah penting dan telah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam menghadapi beberapa ancaman dan gangguan Kamtibmas dan Potensi Konflik, diantaranya :

  1. Dalam perkuatan Sinergitas Polisional yaitu dengan, pertama membentuk tim terpadu yang diketuai oleh Gubernur Prov. Kepri  dengan melibatkan seluruh FKPD guna mengatasi ancaman gangguan Kamtibmas dan Potensi Konflik Vertikal maupun Konflik Horizontal; kedua membuat MoU ( Kerjasama ) Vertikal dan Horizontal yaitu dengan TNI, BP Batam, Kawasan Industri dan dengan BUMN serta Instansi terkait lainnya.
  1. Membangun komunikasi sosial dengan melibatkan peranan media sebagai kontrol sosial, penguatan BabinKamtibmas dengan menerapkan 1 desa 1 Polisi dan mengusahakan setiap Pos BabinKamtibmas akan dibuatkan Pos Pelayanan yang lokasinya sementara menginduk ke Pemerintahan Desa.
  2. Penguatan Bidang Penyidikan yaitu Menambah, Membentuk dan Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Penyidik Korupsi, Penyidik Tenaga Kerja, Cyber Crime, Penyidik Kelautan dan Perpajakan.
  3. Memperkuat Komunitas Intelijen dengan memberdayakan BabinKamtibmas dan seluruh Anggota untuk mengemban Fungsi Intelijen dan Deteksi Dini serta mengaktifkan lagi PAM Swakarsa ( seperti wajib lapor 1 x 24jam ) dan mengaktifkan Kring Reserse.
  4. Penguatan Tim tindak Anarkis dan Raimas yaitu di Satker Sabhara dan Satker Brimob serta nantinya juga akan memberikan pelatihan dan melibatkan PNS Polri dalam menangani massa.
  5. Meningkatkan peran intensifikasi dan ekstensifikasi, yaitu dengan menghadirkan personil Polri di tengah - tengah masyarakat, misalnya melalu giat patroli anggota Polisi di tempat keramaian.
  6. Meningkatkan produktifitas kinerja Anggota melalui pelayanan maupun penegakkan hukum dengan cara menghitung secara kuantitas dan kualitas kerja aspek perorangan dan satuan. 

Demikian Kabid Humas Polda Kepri Akbp Hartono, SH diruang kerjanya menerangkan tentang Peresmian Polsek Tj. Pinang Kota dan Polsek Tj. Pinang Barat tersebut.(ril )

Edit -Admint. ( Agus Budi Tambunan)