Thursday, 3 October 2013

WAWAKO SIDAK BUSWAY



Batam Dinamika Kepri -Wakil Walikota Batam Rudi, SE, MM menggelar inpeksi mendadak (sidak) terhadap Busway Kota Batam,  Dalam sidak tersebut, Rudi yang didampingi Kabag Humas dan Kabag Protokol Kota Batam bersama awak media mengambil koridor 1 rute Batam Centre – Sekupang. 

Dirinya mengaku sengaja naik busway untuk melihat kondisi langsung di lapangan termasuk kelaikan bus dan pelayanan yang diberikan kepada pengguna busway.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga berbincang dengan pengguna busway.Kepada wartawan, Rudi mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Dinas Perhubungan Kota Batam terkait fasilitas yang tersedia termasuk kondisi kendaraan itu sendiri. Dirinya menambahkan selama perjalanan pengguna busway merasa tidak nyaman dengan udara yang panas karena pendingin udara yang kurang berfungsi dengan baik serta perlunya menambah fasilitas untuk kenyamanan pengguna selama menggunakan jasa busway.

 "AC nya kurang dingin ya. Sebaiknya juga dipasang musik dan radio supaya penumpang nyaman dan tidak bosan”, ujar Rudi.

Namun secara umum Rudi menjelaskan kondisi busway di Kota Batam cukup baik. Apabila ada kekurangan secara fisik lebih dikarenakan usia kendaraan yang sudah tua. Ke depan, dirinya akan mengusulkan penambahan busway baru sebanyak 30 unit dengan perincian 10 unit melalui APBD dan sisanya akan diusulkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Semoga nantinya dengan adanya penambahan unit, kedepan bisa melayani penumpang yang menggunakan jasa busway lebih baik. Sekarang rentang waktu setiap bus jaraknya kalau pagi 15 menit kalau siang 20 menit. Semoga dengan bertambah unit bisa disingkat rentang waktunya”, tambahnya.

Saat ini jumlah busway di Kota Batam berjumlah 22 unit yang terbagi untuk 2 koridor, yakni koridor Batam Centre – Sekupang dan Batam Centre – Batu Aji. Menurut rencana, dengan adanya penambahan jumlah kendaraan, ke depan akan dibuka koridor baru dengan rute Batu Aji – Tanjung Riau – Jodoh.(dk/hms)