Monday, 16 September 2013

Meksiko lantik walikota gay pertama


               Walikota gay pertama di Meksiko dilantik dalam sebuah upacara di kota Fresnillo.


Walikota Benjamin Medrano mengatakan orientasi seksualnya hanya menjadi masalah yang digunakan lawan politiknya saat kampanye pemilihan di negara bagian Zacatecas.

Medrano mengatakan dia berharap bisa membuat perubahan bagi warga kota Fresnillo.
Dalam akun twitternya dia menulis: "Waktunya telah tiba untuk mendengarkan keinginan Anda dan mengatasi masalah Anda. Saya berkomitmen dengan kalian."
Masalah terbesar yang dialami kota ini adalah perebutan kekuasaan antara kartel narkoba yang beroperasi di kawasan pusat dan utara Meksiko.
Dua organisasi kriminal terbesar Meksiko - Los Zetas dan kartel the Gulf - terlibat dalam 'perang' berkepanjangan untuk menguasai jalur penyelundupan narkoba di perbatasan Amerika Serikat.
Medrano mengatakan fakta bahwa dia tidak terlibat dengan satu organisasi kriminal akan membuatnya melakukan pekerjaan yang baik bagi warga kota Fresnillo.
"Apa yang penting bagi warga adalah apa yang anda lakukan dalam kehidupan pribadi. Apa yang mereka inginkan adalah pekerjaan yang bagus dari para politisi," katanya kepada BBC Mundo.

Pembangunan sosial

Medrano berasal dari keluarga yang sangat miskin di negara bagian Zacatecas. Dia pergi ke Amerika Serikat di usia enam tahun, sebagai bagian dari "rombongan artistik."

Dia kembali ke Meksiko setelah beberapa tahun menyelesaikan sekolah dan kuliah hukum.
Dia memulai karir sebagai seorang penyanyi dan membuka klub malam gay pertama di Fresnillo sebuah kawasan di Meksiko yang dikenal sebagai daerah penganut Katolik Roma taat.

Dia mengaku tidak berniat untuk menikah. Dia membantah menolak pernikahan sesama jenis, tetapi mengindikasikan bahwa apa yang diterima di ibukota Meksiko atau negara lain, mungkin tidak bisa diterima di Zacatecas.

"Agenda saya adalah pembangunan sosial dan kemanusiaan bagi kita semua yang hidup di Fresnillo, tanpa memperhatikan orientasi seksual," katanya.

Keamanan adalah perhatian utama bagi populasi Fresnillo, yang dihuni oleh 200.000 warga.
"Pertama, kita harus memiliki polisi dengan perlengkapan dan pelatihan yang lebih baik, jadi mereka tidak kalah dengan geng kriminal," kata Medrano.

Dia terpilih sebagai walikota dari Partai Revolusi Institusional yang dipimpin Presiden Enrique Pena Nieto, yang menjabat Desember lalu dengan janji mengkaji kebijakan "perang dengan narkoba" yang dilakukan pendahulunya.(BBC)