Monday, 16 September 2013

Gunung Sinabung Meletus

                   Pengungsi letusan Gunung Sinabung  Bertambah

  Gunung Sinabung masih dalam kategori Siaga tetapi abu vulkanik membuat ribuan warga mengungsi.

Gunung Sinabung masih mengeluarkan abu vulkanik, dan ribuan jiwa masih mengungsi.
Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB menyebut total pengungsi Klik erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara hingga Senin (16/9/2013) mencapai 5.956 jiwa.

Angka ini meningkat dibandingkan siang kemarin yang mencapai 3.710 jiwa.
Juru bicara BNPB mengatakan para pengungsi tersebar di tujuh titik, yaitu di Jambur Sempakata (2.730 jiwa), GBKP Klasik (590 jiwa), GBKP Kota (1.400 jiwa), Jambur Desa Payung (420 jiwa), Jambur Taras du Berastagi (750 jiwa), Masjid Agung (60 jiwa), dan PPWG Kabanjahe (56 jiwa).

Sebagian besar pengungsi berasal dari 6 desa yang berada di radius 3 km sesuai rekomendasi PVMBG yaitu Desa Simacem, Bekerah, Sukameriah, Sukanalu Teran, Sigarang-garang, dan Mardinding di Kecamatan Namanteran.

Posko kesehatan telah didirikan dan masker juga sudah dibagikan, sebagian warga mengaku telah mengalami gangguan infeksi saluran pernafasan.

Sementara kondisi Gunung Sinabung hingga Senin (16/9/2013) pukul 10.45 Wib yang terpantau realtime dari kamera pengintai, CCTV, di Posko BNPB terlihat bahwa asap putih keabu-abuan masih keluar dari kawah Gunung Sinabung.

Arah asap dominan ke Timur hingga Timur Laut membawa abu vulkanis. Status Gunung Sinabung masih tetap Siaga (level III). (BBC)